Lihat ke Halaman Asli

Roebi Abdoeloh

Penulis lapas yang membahas berbagai hal mengani kehidupan dirinya :)

Program Kampus Mengajar: Terbuka untuk Belajar dan Mengajarkan

Diperbarui: 6 September 2021   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Apa itu Kampus Mengajar? Kampus Mengajar merupakan program lanjutan dari Program Kampus Mengajar Perintis yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai bukti dedikasi kampus melalui mahasiswa untuk bergerak menyukseskan pendidikan nasional dalam kondisi pandemi. Kampus Mengajar adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dari berbagai latar belakang pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan memberikan kesempatan kepada mereka belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Berdasarkan pengalaman saya, program kampus mengajar memberikan banyak manfaat terlebih saya berkuliah di jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), merealisasikan teori - teori di dalam kelas ke lapangan, beradaptasi dengan peserta didik, mengenal adminitrasi sekolah, dan berbagai hal lain yang sangat bermanfaat. Lantas bagaimana tujuan dari program Kampus Mengajar? Tujuan dari kampus mengajar untuk mahasiswa diantaranya, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, membantu sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terhadap semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemic, dan memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi.

Kampus mengajar dapat diakses secara resmi melalui situs mbkm, dengan berbagai ketentuan dan syarat yang perlu dilalui. Pelaksanaan kampus mengajar dilaksanakan selama beberapa bulan hingga satu semester. Pelaksanaan program telah disusun dengan berbagai adminitrasi yang membantu mahasiswa mengenal lingkungan sekolah, sehingga memudahkan mahasiswa membantu berbagai kebutuhan sekolah. Program Kampus mengajar terbuka untuk belajar dan membelajarakan artinya mahasiswa mampu belajar berbagai kebutuhan sekolah, beradaptasi serta bersosialisai dengan perangkat sekolah, dan mampu mengembangkan kualitas diri saat memberikan pembelajaran bagi peserta didik. Selama penugasan mahasiswa memliki tuntutan untuk membuat logbook harian serta logbook mingguan hal ini dimaksudkan agar dosen pembimbing mampu mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Hingga pada akhir penugasan mahasiswa mampu memberikan laporan akhir kegiatan.

Banyak pengalaman serta cerita menarik di program Kampus Mengajar, penempatan penugasan saya berada di daerah Rajapolah tepatnya di SD N 3 Rajapolah. Saat pertama kali datang ke Sekolah kami telah disuguhkan dengan berbagai nasehat baik yang menjadi pegangan selama penugasan. Oiya, saat penugasan mahasiswa,kita telah dibagi beberapa kelompok. Kami berkenalan dengan perangkat sekolah bertegur sapa serta bercerita. Pengalaman saya yang paling menakjubkan adalah ketika bertemu dengan peserta didik yang divonis guru memiliki keterbatasan dalam menghafal. Dia adalah anak yang riang gembira namun hal tersebut memuat saya semakin tertantang menjadi guru untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi peserta didik berkebutuhan khusus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline