Lihat ke Halaman Asli

ABDI RAHMANDA

Mahasiswa

Tradisi Begareh Suku Besemah sebagai Ajang Pencarian Jodoh

Diperbarui: 5 April 2023   15:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Begareh atau begarehan adalah tradisi mayrakat suku besemah yang ada di sumatera selatan yang bermukim di kabupaten lahat dan kota pagaralam.

Begarehan merupakan tahap awal bagi bujang gadis di besemah untuk berkenalan

Pada saat ada perayaan pernikahan dan perayaan besar di besemah, 2 minggu sebelum hari perayaan tuan rumah akan mempersiapkan kebutuhan untuk perayaan yang akan di adakan dan tuan rumah akan memanggil remaja putri atau gadis di desa datang kerumah nya untuk membantu memasakan makanan dan membuat roti untuk mempersiapkan pada saat hari perayaan pernikahan ataupun perayaan besar lainnya.

Remaja putri yang membantu ahli persedekahan di lakukan pada setiap malam sebelum hari jadi perayaan, pihak tuan rumah akan menyediakan tempat khusus untuk para remaja putri membantu memasak dan disinilah tempat pertemuan antara bujang dan gadis berkenalan, remaja putra atau bujang akan datang ke tempat ahli persedekahan untuk membantu membuat dekorasi dan menolong membuat kue dengan remaja putri pada saat kegiatan ini akan terjalin kekompakan di antara bujang gadis tersebut dan dari sinilah mereka berkenalan lebih dekat lagi hingga membuat janji untuk pertemuan berikutnya di hari yang sudah di sepakati.

Bujang gadis atau remaja yang mengikuti begarehan setidak berumur 16 tahun keatas karena sudah di anggap bisa melakukan apa yang semestinya dikerjakan.

Pentingnya budaya Begarehan ini dalam masyarakat Besemah adalah untuk bersosialisa, bertukar ide dan kreatifitas juga mencari jodoh. Dengan adanya budaya ini bujang gadis dapat lebih kompak berhubungan dengan kegiatan masyarakat dan kepedulian satu sama lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline