Lihat ke Halaman Asli

Menteri Desa Marwan Jafar: Manfaatkan Bonus Demografi untuk meningkatkan Industri Film Nasional

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1425970228831166019

Jakarta - Bisnis perfilman yang belakangan terlihat semakin "lesu" diharapkan mampu bangkit kembali dengan memanfaatkan momentum Bonus Demografi yang diprediksi akan terjadi pada 2020-2030 mendatang untuk kembali menghidupkan gairah perfilman nasional.

hal tersebut diungkapkan Menteri Desa Marwan Jafar saat menghadiri Gala Premiere Film Terbaru Group Band The Virgin yang berjudul "Kok Putusin Gue? ", di Epicentrum XXI, Kuningan Jakarta Selatan, Senin (9/3) malam.

"Bonus Demografi ini kan terjadi mayoritas di desa-desa, warga desa akan semakin didominasi penduduk produktif di masa yang akan datang," ungkap Marwan.

Untuk diketahui, Indonesia diprediksi akan mendapat bonus demografi di tahun 2020-2030, dimana penduduk dengan umur produktif sangat besar sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak. Dilihat dari jumlahnya, penduduk usia produktif mencapai sekitar 180 juta, sementara non-produktif hanya 60 juta.

Bonus Demografi akan menghadapkan penduduk usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai 70 persen, sedangkan sisanya, 30 persen, adalah penduduk yang tidak produktif (di bawah 15 tahun dan diatas 65 tahun). Oleh karena itu, lanjut Marwan, kondisi tersebut seyogyannya bisa dimanfaatkan dengan menambah frekuensi penyanangan film di desa-desa dengan membuka layar tancap.

"Saya sangat setuju dengan layar tancap. Itu sebagai cara utk menaikkan gairah perfilman nasional. Kenapa ibu-ibu sekarang suka nonton sinetron, karena tidak ada pilihan lain," ujarnya.

Menurutnya, untuk memutar sebuah film tidak harus digelar secara permanen di pusat-pusat perbelanjaan seperti yang tersedia di kota-kota besar. Pasalnya, pemutaran film juga bisa dilakukan melalu layar tancap di desa.

Marwan berpendapat, produksi perfilman nasional belakangan ini cenderung mengalami kemunduran, baik dari segi bisnis maupun kualitas. Karena itu, ia juga berharap agar ke depan para pebisnis perfilman dapat menyajikan hasil karya yang dapat memberikan pembejalaran positif bagi masyarakat luas.

"Saya sendiri merasa kurang puas karena perkembangan industri perfilman yang lambat dan belum ada film spektakuler, seperti dulu ada film cut nyak dien yang spektakuler, jangan hanya film heror aja, harus ada edukasi yang terus menerus dikembangkan secara positif kepada masyarakat," tukasnya.

Selain dapat menumbuhkan kembali gairah perfilman, penayangan film hingga tingkat desa juga diyakini mampu menyerap tenaga kerja yang secara otomatis akan menaikkan ekonomi masyarakat desa.

"Selain menyajikan hiburan bagi masyarakat desa, juga bisa menaikkan pendapatan bagi warga desa setempat. Karena itu, saya kira positif juga dibangun di daerah. Di sisi lain nanti juga sangat membantu sosialisasi program pemerintah," jelas Marwan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline