Lihat ke Halaman Asli

Putu Abda Ursula

Dosen di UNIPAS, Konselor, Ketua Sekolah Alam Banyumilir, Mahasiwa S3 Ilmu Pendidikan UNDIKSHA

Bimbingan Konseling sebagai Alat Emansipasi dalam Relasi Kekuasaan di Dunia Pendidikan

Diperbarui: 1 Desember 2024   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dunia pendidikan sering kali menjadi cerminan dari struktur kekuasaan yang ada dalam masyarakat. Dalam konteks pendidikan, kekuasaan dapat hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari hubungan antara guru dan siswa, kebijakan sekolah yang hierarkis, hingga aturan-aturan yang terkadang membatasi kebebasan siswa untuk berekspresi. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana sistem pendidikan dapat mengakomodasi kebebasan individu tanpa mengabaikan otoritas yang diperlukan untuk mengelola institusi pendidikan?

Di tengah tantangan ini, bimbingan konseling muncul sebagai pendekatan yang tidak hanya membantu siswa mengatasi masalah pribadi dan akademis, tetapi juga sebagai alat emansipasi dalam relasi kekuasaan di dunia pendidikan. Kita akan membahas bagaimana bimbingan konseling dapat menjadi sarana pemberdayaan siswa untuk memahami, menghadapi, dan bahkan menantang struktur kekuasaan yang tidak adil di lingkungan sekolah.

Relasi kekuasaan dalam pendidikan mencakup hubungan yang kompleks antara berbagai aktor, seperti guru, siswa, kepala sekolah, dan kebijakan pemerintah. Kekuasaan di sini dapat bersifat positif, misalnya dalam bentuk otoritas yang membimbing siswa menuju pertumbuhan intelektual dan moral. Namun, kekuasaan juga dapat menjadi alat penindasan, terutama ketika diterapkan secara otoriter atau tidak inklusif. Sebagai contoh, kebijakan disiplin yang berlebihan atau sikap guru yang terlalu dominan dapat membatasi kreativitas dan kebebasan siswa. Hal ini menciptakan ketimpangan relasi yang membuat siswa merasa tertekan, tidak memiliki suara, atau bahkan merasa tidak dihargai sebagai individu.

Bimbingan konseling memiliki potensi besar untuk menjadi alat emansipasi dalam relasi kekuasaan di dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa peran strategis bimbingan konseling dalam konteks ini:

1. Meningkatkan Kesadaran Kritikal Siswa

Salah satu tujuan utama emansipasi adalah membangun kesadaran kritikal terhadap struktur kekuasaan yang ada. Konselor dapat membantu siswa memahami bagaimana sistem pendidikan bekerja, siapa yang memegang kekuasaan, dan bagaimana kekuasaan tersebut memengaruhi kehidupan mereka. Dengan kesadaran ini, siswa dapat mulai melihat diri mereka bukan hanya sebagai objek dalam sistem pendidikan, tetapi juga sebagai subjek yang memiliki hak dan kemampuan untuk memengaruhi perubahan.

2. Memberikan Ruang untuk Ekspresi Diri

Bimbingan konseling menyediakan ruang yang aman bagi siswa untuk mengekspresikan pandangan, perasaan, dan kekhawatiran mereka tanpa takut akan konsekuensi negatif. Dengan adanya ruang ini, siswa merasa dihargai dan didengar, yang merupakan langkah awal dalam proses emansipasi.

3. Mengajarkan Keterampilan Resolusi Konflik

Dalam relasi kekuasaan, konflik sering kali tidak dapat dihindari. Bimbingan konseling dapat mengajarkan siswa cara menyelesaikan konflik secara konstruktif, baik dengan teman sebaya maupun dengan otoritas sekolah. Hal ini termasuk keterampilan bernegosiasi, berdialog, dan mencari solusi yang saling menguntungkan.

4. Mendorong Partisipasi Aktif dalam Pengambilan Keputusan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline