Lihat ke Halaman Asli

abdasis

mahasiswa

Sosiologi Kepentingan (Interest) dalam Tindakan Ekonomi

Diperbarui: 22 September 2023   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peineiliitiian yuwan feirdiiana iilahii, ceika iindra Leismana, meijeilaskan bahwa Konseip keiteirleikatan diiajukan oleih Granoveitteir (1985) untuk meinjeilaskan peiriilaku eikonomii dalam hubungan sosiial. Konseip keiteirleikatan meirupakan tiindakan eikonomii yang diisiituasiikan seicara sosiial dan meileikat dalam jariingan sosiial peirsonal yang seidang beirlangsung dii antara para aktor. Adapun yang diimaksud deingan jariingan hubungan sosiial iialah seibagaii suatu rangkaiian hubungan yang teiratur atau hubungan sosiial yang sama diiantara iindiiviidu- iindiiviidu atau keilompok-keilompok. Adapun yang diimaksudkan jariingan hubungan sosiial iialah seibagaii "suatu rangkaiian hubungan yang teiratur atau hubungan sosiial yang sama dii antara iindiiviidu-iindiiviidu atau keilompok- keilompok. Tiindakan yang diilakukan oleih anggota jariingan adalah "teirleikat" kareina iia diieikspreisiikan dalam iinteiraksii deingan orang laiin.

         Meinurut Granoveitteir, "Ada peirtiimbangan iinteiraksii manusiia yang meimbatasii peinjeilasan teirhadap keipeintiingan iindiiviidu", iia meincatat" leibiih abstrak darii aspeik meindasar hubungan yang diiciiriikan eikonomii maupun tiindakan laiinnya". Granoveitteir meinambahkan -- bahwa tiindakan eikonomii tiidak peirnah seipeinuhnya (100 peirsein) beirsiifat eikonomii teitapii seilalu meincakup eileimein non eikonomii. Seiluruh tiindakan sosiial, teirmasuk tiindakan eikonomii, pada tiingkat teirteintu seilalu diipeingaruhii oleih "motiivasii yang beirpusat manusiia" seipeirtii "sosiiabiiliitas, dukungan, status dan keikuasaan". Pada tiingkat miikro, tiindakan eikonomii tiidak peirnah seicara eiksklusiif diiiinspiirasiikan oleih keipeintiingan eikonomii -- seigeira seiteilah aktor beiriinteiraksii deingan aktor laiin, keipeintiingan laiin juga mulaii meimpeingaruhii, yaiitu keipeintiingan sosiial.

       Dii tiiap- tiiap eikonomii, biiasanya ada campuran darii tiiga beintuk teirseibut dan iinstiitusii- iinstiitusii yang beirhubungan: keiluarga, neigara, dan pasar (cf. Granoveitteir dan Yakuboviich, 2000).

       Pandangan Mark Granoveitteir teintang "sociial eimbeiddeidneiss" diianggap meimbeiriikan peindasaran bagii eikonomii baru darii peirspeiktiif sosiiologii (neiw eiconomiic sociiology) seijak tahun 1980-an sampaii saat iinii. Bagii Granoveitteir, analiisiis sosiiologiis teirhadap eikonomii tiidak hanya meimfokuskan diirii pada priilaku sosiial meilaiinkan juga pada analiisiis dan argumein teioreitiis iinstiitusiional baiik pada tiingkat miikro maupun makro.

       Meinurut Granoveitteir (1985:45) peindeikatan piiliihan reilasiional meirupakan beintuk iindiiviidualiismei meitodologiis yang meincoba meileitakan suatu yang luas dii atas fundameintal yang seimpiit, seibab peindeikatan piiliihan rasiional tiisak meimpeirhatiikan sacara seiriius struktur jariingan sosiial dan eikonomii dan bagaiiman struktur iinii meimpeingaruhii seicara keiseiluruhan yang meiliiputii keinyataan bahwa seimua hubungan biisniis dan transaksii paliing tiidak meiliibatkan proseis iinteiraksii dan hubungan sosiial eikonomii yang pada giiliirannya meinghasiilkan keipeircayaan dan saliing peircaya dan saliing peircaya diirii meiskiipada tiingkat yang miiniimal.

       Deingan deimiikiian, mateirii yang diiangkat dalam kajiian sosiiologii eikonomii iinii adalah meinganaliisiis feinomeina eikonomii darii peirspeiktiif sosiiologiis. Teirdapat dua konseip dasar yaknii feinomeina eikonomii dan peirspeiktiif sosiiologiis. Feinomeina eikonomii yang diisarankan oleih Sweidbeirg (1987) dan Holton (1992) untuk iisu sosiiologii eikonomii: konsumsii dan produksii; produktiiviitas dan iinovasii teiknologii; pasar; kontrak, uang, tabungan, organiisasii eikonomii (seipeirtii bank, peirusahaan asuransii, kopeirasii), keihiidupan dalam teimpat keirja, peimbagiian keirja dan seigreigasii peikeirjaan, keilas eikonomii, eikonomii iinteirnasiional, eikonomii dan masyarakat luas (teirmasuk peimeiriintah, geirakan sosiial dan niilaii budaya), dampak darii faktor- faktor geindeir dan eitniik teirhadap eikonomii, keikuatan eiknomii, iideiologii eikonomii. Seimeintara peirspeiktiif sosiiologiis adalah konseip, teiorii, paradiigma yang meingeimuka dii komuniitas sosiiologii.

       Granoveitteir meingeiteinahkan gagas-an meingeinaii peingaruh struktur sosiial teirutama yang diibeintuk beirdasarkan jariingan sosiial (neitwork), teirhadap manfaat eikonomiis khususnya meinyangkut kualiitas iinformasii.

       Cara Sweidbeirg dalam meingeimukakan konseip-konseip dan  teimuan-teimuan  kuncii dapat diiteilusurii meilaluii peingorganiisasiian buku yang diituliisnya, yaiitu: peirtama, meindiiskusiikan  seijarah sosiiologii eikonomii: konseip dan teimuan pokok (bab 1 dan 2); keidua, diiskusii teintang kapiitaliismei, peirusahaan, dan pasar (bab 3, 4, 5 dan 6); keitiiga, peiranan poliitiik dan hukum (bab 7 dan 8); keieimpat, preiseintasii teintang hubungan antara keibudayaan (teirmasuk konsumsii) dan eikonomii, dan antara geindeir seirta eikonomii (bab 9, 10 dan 11); keiliima, peinyampaiian beiragam peirtanyaan, seibagaii ageinda sosiiologii eikonomii saat iinii, teirmasuk peirtanyaan apakah sosiiologii eikonomii harus meinjadii seibuah iilmu keibiijakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline