Lihat ke Halaman Asli

Abd Rahman

Sebagai Guru di Sekolah Dasar

Mengingat Sosok Penting dalam Hidup Kita

Diperbarui: 4 Februari 2023   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumen foto-pribadi). 

Hidup itu adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan tantangan. Terkadang mereka harus jatuh bangun demi bisa memenuhi hidup dan mempertahankan kehidupannya demi masa depan yang lebih baik. 

Setiap perjuangan pasti hasil. Dan setiap usaha akan memilih jalannya dan takdirnya. Kata itu sering kita dengar dari orang lain. Berjalan dengan setiap fase dan ceritanya masing-masing. Setiap cerita perjuangan hidup kita pasti ada sosok penting yang selalu menjadi pahlawan bagi kehidupan kita. Beliau seolah jelmaan malaikat yang sengaja Tuhan kirim untuk memperbaiki kehidupan kita. 

Suatu ketika, kita tak mampu untuk bertahan dan menjalani hidup seperti orang lain yang ada di sekitar kita. Kehidupan kita pas-pasan dan hanya cukup menghidupi perut kita di hari itu. Pikiran kacau, pekerjaan  sulit, dan kita merasa terkucilkan oleh teman dan saudara kita karena hidup kita miskin dan tak ada yang bisa mereka lihat. Mungkin, hal itu yang membuat kita menjadi stres dan tak berdaya dan tekanan hidup bertubi-tubi datang menghampiri kehidupan kita. 

Saat situasi tersebut, kita mengenal sosok pahlawan yang menolong kita. Sosok yang mengantarkan diri kita lebih berarti dan bisa berjuang untuk menjalani hidup yang lebih baik. Berangkat dari 0 ( nol), usaha kita pertama kali akan menjadi sejarah terbesar dalam kehidupan kita. Dan kita terkadang lebih mengenal pahlawan yang datang dari luar yang dikirim Tuhan untuk memperbaiki kehidupan kita. Dari pada, keluarga yang terkadang lebih menyakitkan hati kita daripada menolong kita dari keterpurukan. Mungkin apa yang saya tulis ini juga dialami oleh banyak orang diluar sana yang sekarang ini lagi menikmati hasil perjuangannya. Bisa hidup dengan layak, punya mobil, rumah dan hal-hal yang dulu sekedar mimpi yang tak bisa diwujudkan. 

Setiap orang mempunyai jalan dan ceritanya masing-masing. Namun, Ada juga yang memang sukses dengan usaha yang telah dibangun oleh Orangtuanya. Tipe ini adalah orang yang punya usaha keluarga yang diwariskan secara turun temurun. Sehingga hasil usaha keluarga ini dipertahankan sampai ke anak cucunya. 

Namun, ada juga orang yang mempunyai usaha sendiri dan dengan kerja kerasnya itu dia bisa sukses dengan perjuangan yang tentu butuh waktu lama sehingga dia bisa menggapai usahanya tersebut dengan baik. Ada juga, kesuksesan yang dibangun karena bantuan dari orang lain. Ada sosok yang menjadi perantara dia menjadi hidup sukses dan menjadi seseorang yang di segani karena hasil usaha dan jabatannya. 

Karena setiap perjalanan hidup kita selalu ada sosok pahlawan yang sangat berarti dalam kehidupan kita. Mungkin itu yang disebut dengan mukjizat yang Tuhan turunkan untuk menolong kita, disaat kita di masa kesusahan. Maka bersyukurlah berarti Tuhan masih menyayangi kita semua. Jadikanlah pengalaman hidupmu sebagai guru yang akan membuatmu menjadi manusia yang sempurna. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline