Lihat ke Halaman Asli

Cara Mudah & Sehat Minum Air 1,5 Liter Tiap Hari

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tubuh manusia 75% terdiri dari air. artinya air menjadi unsur yang sangat penting bagi tubuh. Menurut beberapa penelitian, misalnya saja 75% dari otak, 82% dari darah, 75% dari jantung, 86% dari paru-paru dan 86% dari ginjal terdiri dari unsur air. Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berakibat buruk pada kinerja organ-organ tubuh manusia. Lelah, cepat lupa, dan sulit berkonsentrasi menjadi bukti nyata kurangnya asupan air dalam tubuh.

Air putih (bening-pen) adalah cairan utama untuk memenuhi asupan cairan yang sangat dibutuhkan dan cocok untuk tubuh manusia. Air putih juga diyakini dapat menyembuhkan serta menghambat penyakit masuk ke dalam tubuh. Hanya saja cara meminumnya tentu tidak sembarangan asal minum. Para ahli kesehatan menganjurkan agar kita mengasumsi air putih per hari rata-rata 1,5 liter, jumlah yang terbilang tidak sedikit dan terkadang membayangkan porsi tersebut kita sudah malas dan enggan terlebih dahulu.

Pertama, untuk meminum air putih sebaiknya dilakukan dengan cara duduk, tidak dengan cara berdiri. Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan kepada kita hal yang demikian, minum sambil duduk, melarang minum sambil berdiri, karena di dalam tubuh manusia terdapat penyaring sfringer yang dapat berfungsi jika kita dalam posisi duduk, dan bila kita berdiri alat penyaring itu akan tertutup alias tidak berfungsi.

Mengapa perlu disaring, karena air yang kita minum sesungguhnya belum steril 100% untuk diolah oleh tubuh. Bila kita minum sambil berdiri, maka air minum tidak tersaring oleh sfringer dan langsung masuk ke kandung kemih yang bisa mengakibatkan tumbuhnya kristal ginjal atau batu baik di dalam ginjal maupun di dalam kandung kemih.

Banyak cara yang ditawarkan untuk menggunakan air putih sebagai terapi kesehatan, yakni dengan mengkonsumsinya minimal 1,5 liter perhari. Untuk lebih lengkapnya mengenai terapi air putih bisa dibaca selengkapnya di sini. Berikut cara mudah dan sehat untuk mengkonsumsi air putih minimal 1,5 liter per hari.

1.Minumlah 1-2 gelas (200-400 ml) air putih setiap bangun tidur, hal ini bisa membersihkan organ-organ iternal yang dilalui oleh air putih yang masuk ke dalam tubuh kita.

2.Minumlah 1 gelas (200 ml) air putih setiap kali 30 menit sebelum makan, jika kita makan sehari 3 kali maka kita akan mengkonsumsi sekurang-kurangnya 600 ml sebelum makan. Hal ini dapat membantu fungsi pencernaan dan ginjal dengan baik.

3.Minumlah 1 gelas (200 ml) air putih sebelum mandi, hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika kita mandi dalam sehari 2 kali, maka kita sekurang-kurangnya akan mengkonsumsi 400 ml air putih sebelum mandi.

4.Minumlah 1 gelas (200 ml) air putih sebelum tidur, hal ini dapat mencegah resiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Bila kita bisa melakukan cara-cara di atas, maka dalam setiap harinya kita akan mengkonsumsi air putih minimal 1.600 ml atau 1,6 liter. Hal yang paling sulit selain rutinitas dan kontinyuitas, memulai juga menjadi permasalahan yang harus kita tanggulangi. Terlebih memulai untuk mengkonsumsi air putih pada pagi hari selepas bangun tidur.

Jika kita merasa kesulitan, cobalah memulai meminum air putih selepas bangun tidur dengan porsi ½ gelas, jika masih kesulitan karena biasanya berpotensi mual-mual dan muntah, maka cobalah dengan air yang sedikit hangat, perlahan-lahan mengurangi kehangatan air dan meningkatkan porsi dari ½ gelas, menjadi 1 gelas hingga 2 gelas. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya! (Banyumas; 21 Maret 2014)

Salam Kompasiana!

Baca Juga; Akil Butuh Teman Di Penjara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline