Lihat ke Halaman Asli

Berlomba Mencari Pahala Lewat Blog Kompasiana

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bergabung dengan kompasiana sejak tanggal 5 September 2013, hari ini (5 Oktober 2014) genap satu tahun satu bulan belajar menulis di blog kroyokan terbesar di Indonesia ini. Tulisan yang Anda baca adalah yang ke 190 setelah 13 bulan merangkak tertatih-tatih disini. Di sini, artinya rata-rata ada 14 tulisan yang dipublish dalam tiap bulannya, meskipun prakteknya ada bulan yang penuh dengan tulisan, ada juga bulan tertentu yang sepi karena menulis sangat berkaitan dengan mood seseorang.

Dari 190 tulisan itu beberapa di antaranya ada yang mendapatkan ganjaran HL dari admin, ganjaran TA, ganjaran Topik Pilihan, dan sebagian lainnya dapat ganjaran Highlights. Untuk yang terakhir disebutkan sudah tak terhitung berapa jumlahnya, bahkan ada yang sekali waktu satu artiket mendapatkan tiga ganjaran sekaligus, Topik Pilihan, Highlights, dan TA sekaligus. Hanya Featured Article yang belum pernah didapatkan, karena memang terlalu sulit, entah apa kriteria yang disyaratkan oleh admin.

Tapi ya sudahlah, toch bukan sekedar ganjaran ini-ituyang diharapakan. Yang menjadi kepuasan sesungguhnya adalah saat tulisan kita banyak yang membaca dan (mungkin) juga memberi manfaat kepada pembacanya, salah satunya tulisan berjudulAwas Penipuan Berkedok Hadiah M-Kios Telkomselyang dipublish pada 27 Desember 2013, meskipun hanya nangkring di kolom highligts beberapa saat, hingga saat ini sudah dihits oleh 13.176 pembaca, yah mungkin karena tulisan ini memang bermanfaat sehingga banyak yang membuka link-nya.

Demikian halnya dengan tulisan berjudul Cara Mudah Menulis Berita Dengan 5W + 1H yang dipublish pada tanggal 10 Oktober 2013, meskipun tidak mendapatkan ganjaran apapun dari admin, hingga saat ini sudah dihits 9.713 pembaca, yah lagi-lagi (mungkin) karena tulisan ini juga dianggap bermanfaat oleh pembaca dan semoga memang bermanfaat juga.

Saat Timnas U-19 dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala AFC 2014 yang akan digelar Oktober ini, artikel bola dengan judul 16 Besar Peserta Piala AFC U-19 dan ditayangkan pada tanggal 14 Oktober 2013 diklik oleh 7.408 pembaca. Lalu saat Najwa Shihab yang empunya “Mata Najwa” ramai dibicarakan di medsos, tulisan ringan berjudul Mengapa Mata Najwa Tidak Berjilbab yang tayang pada 26 Januari 22014 pun dapat berkahnya, ada sekitar 3.812 pembaca yang melongok artikel tersebut.

Pengalihan jalur pantura ke jalur selatan akibat ambrolnya Jembatan Comal di Pemalang, tulisan dengan dudul Lalu Lintas Jalur Selatan Nyaris Lumpuh yang tayang pada 21 Juli 2014 selain mendapatkan ganjaran HL dari admin pun banyak dikunjungi pembaca yang mungkin ingin mengetahui situasi terkini jalur pantura dan selatan Jawa Tengah yang menjadi jalur mudik jelang Idul Fitri, terbukti 3.363 pembaca mengunjungi tulisan tersebut.

Trus saat Jero Wacik ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, tulisan berjudul Gaji 487 Juta Per Hari Jero Wacik Masih Korupsi yang tayang pada 8 September 2014 ini, selain mendapatkan ganjaran Topik Pilihan, Highligts, dan TA dari admin, tulisan tersebut sepertinya juga mencuri perhatian pembaca, terbukti 3.641 pembaca mengunjunginya.

Ribut-ribut soal siapa bakal calon menteri yang akan dipilih oleh Jokowi, baik itu dari kalangan profesional non-partai maupun profsesional partai, tulisan berjudul Inilah 16 Calon Menteri Dari Parpol Koalisi Jokowi yang tayang pada 17 September 2014 ini juga membuat penasaran para netizen, terbukti 4.026 pembaca telah membukanya.

Itulah 7 (tujuh) tulisan penulis di kompasiana yang mendapatkan kunjungan pembaca di atas 3.000 hits. Namun demikian, karena sesuatu dan lain hal, baik mungkin karena judul yang tidak menarik, jam tayang yang limit, atau bahkan jam tayang yang tidak tepat, menjadikan ada beberapa tulisan yang kurang mendapatkan apresiasi pembaca. Dari 190 tulisan yang sudah terpublish ada 15 tulisan atau sekitar 7,89% tulisan yang dibaca kurang dari 100 hits, sebagai berikut :

1.Kalah 0-1 Indonesia Gagal Raih Emas

2.Presidennya Jokowi-JK Apa Mega-Jokowi?

3.Millane Fernandez Selalu Hebohkan Panggung RSI

4.Awas Kloningan Facebook Pejabat Mencari Mangsa

5.Wow Biaya Pelantikan DPR-RI 16 Milliar

6.Kompasiana Error 2 Jam Tayang 5 Tweet 8 Hits

7.Monas Dan Mubahalah Sesumbar Anas Yang Sia-Sia

8.Maaf Akun Saya Asli Walau Belum Terverifikasi

9.Wow Tulisanku Tembus 6000 Hits

10.Pemerintah Tanggung Askes Perangkat Desa

11.Inilah 10 Artikel Minimalis Ala Kompasiana

12.Anak Kelas 2 SD Menulis Apa Yang Dia Lihat

13.Web AplikasiPendataan PAUD Rawan Kebobolan

14.Indahnya Sepak Bola Anak Negeri

15.Maaf Akun Saya Asli Walau Belum Terverifikasi

Itulah sekelumit kisah perjalanan sederhana penulis belajar di kompasiana selama 13 bulan, mudah-mudahan tulisan yang dihits ribuan pembaca di atas bisa membawa “secuil” kemanfaatan bagi para pembaca,sebab menurut Hadist Nabi, ketika manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya, kecuali tiga perkara; 1). Amal jariyah, 2). Ilmu yang bermanfaat dan 3). Anak shaleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Tak ada salahnya jika berharap tulisan yang kita tayangkan, bisalah mengandung nilai kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain, bisa pula menjadi amal kedua (ilmu yang bermanfaat)sehingga saat kita sudah meninggal dunia kita masih mendapatkan kucuran pahalanya dari Allah SWT. Pahala yang jauh lebih dari hanya sekedar ganjaran HL, TA, Highlights, Topik Pilihan dan Featured Article dari admin kompasiana.Tidak salah bukan? Demikian halnya dengan para pendiri dan admin kompasiana semoga juga akan mendapatkan ganjaran yang berlipa ganda dari Yang Maha Kuasa. Aamiin.. (Banyumas; 05 Oktober 2014)

Selamat Idul Adha dan Salam Kompasiana!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline