Lihat ke Halaman Asli

Abban Said

Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul

Siswa MAN 3 Bantul Lolos Perguruan Tinggi Negeri Jalur SNBP

Diperbarui: 1 April 2023   12:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Man 3 Bantul

Bantul (MAN 3 Bantul) -- Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestsi (SNBP) tahun 2023 telah diumumkan pada Selasa (28/3/2023) pukul 15.00 WIB secara daring di laman SNPMB. Sebanyak 10 siswa MAN 3 Bantul telah dinyatakan lolos ke perguruan tinggi impian. Hal ini dikonfirmasi oleh Arief Rahman Anzaruddin, S.Pd., guru bimbingan konseling (BK) MAN 3 Bantul yang dirilis dalam grup WA dinas madrasah.

Siswa-siswa tersebut ialah Zulfa Nur Isnaini (XII IBB) program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada, Muhammad Imam Farisi (XII IPA 1) program studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta, Narina Yasmina Husen (XII IPA 1) program studi Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Negeri Yogyakarta, Qorry 'Aina Nilnal Muna (XII IPA 1) program studi Ilmu Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rahmawati (XII IPA 2) program studi Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Izza Ifada Mubarokah (XII IPA 2) program studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta, Anisa Luthfiah Nugrahani (XII IPS 1) program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Elina Amalia Sholikhah (XII IPS 1) program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Vany Oktania (XII IPS 1) program studi Pendidikan Luar Sekolah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Ayumi Abiwardani P. H.  program studi Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasa syukur dan kebanggaan bagi segenap keluarga besar MAN 3 Bantul. Madrasah senantiasa mendukung dan membimbing siswa dalam proses seleksi studi lanjut.

"Alhamdulilah dari kuota eligible siswa-siswi MAN 3 Bantul telah mendaftar kuliah jalur SNBP dan sepuluh anak lolos. Lima siswa jurusan MIPA, empat siswa jurusan IPS, 1 siswa jurusan Bahasa," jelas Arief.

"Keberhasilan anak-anak ini merupakan hasil kerja sama dari semua unsur, mulai dari orang tua, tim kurikulum, guru BK, wali kelas, dan seluruh guru dan pegawai MAN 3 Bantul," tambah Arief.

Proses pendaftaran siswa senantiasa dibimbing oleh Arief dan pendataan siswa didukung oleh Slamet Riyadi, S.Pt., penglola Pangkalan data Sekolah dan Siswa (PDSS) MAN 3 Bantul. Selama proses pendaftaran, siswa diberikan program-program pendukung sehingga siswa lebih terarah dalam menentukan pilihan studi lanjut di perguruan tinggi, diantaranya FGD studi lanjut untuk seluruh siswa dengan mendatangkan alumni-alumni berprestasi. Selain ikhtiar lahir, para siswa juga dikuatkan secara mental dengan program mujahadah dan doa bersama.

Salah satu siswa yang lolos jalur SNBP, Zulfa Nur Isnaini mengungkapkan rasa syukurnya. "Alhamdulillah Allah berikan kemudahan dalam SNBP ini. Terharu ketika melihat hasil penguman. Saya mantap memilih prodi Bahasa dan Sastra Indonesia setelah berkonsultasi dengan orang tua dan Bapak Ibu Guru. Terima kasih atas doa dan bimbingan yang diberikan oleh kedua orang tua, bapak ibu guru dan pegawai MAN 3 Bantul, serta teman-teman semua," ungkap siswa yang memilih prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UGM.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Sumarna, M.Pd. mengungkapkan perasaan bangga dan bahagia atas prestasi siswa MAN 3 Bantul.

"Selamat dan sukses untuk anak-anak kelas XII yang telah diterima di PTN jalur SNBP. Semangatlah dalam menimba ilmu, senantiasa berdoa kepada Allah, dan senantiasa memohon doa kedua orang tua agar Allah ridhoi langkah anak-anak dalam menimba ilmu," pesan Sumarna.

Kepala Madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. menyampaikan apresiasi kepada para siswa. Capaian siswa dalam SNMPTN ini merupakan kebanggan semua orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline