Lihat ke Halaman Asli

Abanggeutanyo

TERVERIFIKASI

“Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

Tak Tahan Ditekan NATO 30 Tahun, Putin Tabuh Genderang Perang ke Ukraina

Diperbarui: 24 Februari 2022   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: TheTimes.co.uk

Setelah dibayangi keraguan panjang pecahnya Perang antara Rusia dengan Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis 24 Pebruari 2022 pukul 05.40 pagi waktu Moskow mengumumkan operasi militer ke Ukraina. Keputusan itu dilakukan setelah dewan keamanan federasi Rusia menyetujui operasi militer berskala penuh tersebut.

Putin menggunakan istilah "Operasi militer khusus" bukan "Perang". Kedua istilah tersebut jelas berbeda, namun tidak berarti Putin ragu mengambil langkah berani tersebut, karena operasi militer khusus dan berskala penuh sudah setara dengan pernyataan perang.

Yang ke dua, Operasi Militer lebih ditujukan untuk kawasan yang sama dalam sebuah negara. Ukraina dianggap bagian pecahan Uni Soviet yang berarti operasi militer lebih tepat ketimbang perang walaupun dampaknya menjadi perang  bahkan perang lebih luas.

Seperti mengabaikan aneka ancaman dan intimidasi barat, Putin menumpahkan latar belakang dibalik keputusan tersebut dalam pidato singkatnya.

"Dengan persetujuan dewan keamanan federasi Rusia dan sesuai dengan perjanjian timbal balik dengan Donetss People's Republc (DPR) dan Luhansk People's Republic (LPR) saya memutuskan melakukan 'Operasi Militer Khusus'," uajr Putin dengan raut wajah tegang seakan sudah siap mengatasi segala kondisi untuk Rusia.

"Nasib Rusia ada ditangan rakyatnya yang dapat diandalkan yang berarti bawah tujuan dapat tercapai dan kemanan negara terjamin. Saya percaya pada dukungan anda-anda," tegasnya.

Dalam pidatonya menyembul kekecewaan Rusia karena sejumlah warga Rusia di Donbas dalam kawasan DPR dan LPR mendapat intimidasi sistematis selama 8 tahun terakhir dari pihak berwenang Ukraina. 

"Kami akan mengadili mereka yang melakukan banyak kejahatan berdarah terhadap warga sipil termasuk warga Federasi Rusia di sana."

Namun kekecewaan terbesarnya adalah tekanan NATO terhadap Rusia pasca Uni Soviet bubar pada 1991. Pasca Soviet runtuh menurutnya Rusia telah memperlakukan negara-negara baru terbentuk tersebut dengan hormat namun faktanya NATO dalam 30 tahun terakhir telah menekan dan memeras Rusia.

Ekspansi NATO nyaris mendekati perbatasan Rusia dan itu merupakan sebuah ancaman untuk . Pihaknya telah menegosiasikan non-ekspansi ke blok timur dalam tiga dekade terakhir namun menghadapi penipuan, pemerasan dan tekanan barat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline