Lihat ke Halaman Asli

Abanggeutanyo

TERVERIFIKASI

“Besar, ternyata ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar, super besar, mega besar dan maha besar.”

PILJAKA 2021, Menyalurkan Rumput-rumput Muda ke Kancah Blue Ocean

Diperbarui: 23 November 2021   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: kompas.com. Diedit dan tambahkan oleh Penulis

Meskipun Kompasiana telah meluncur sebagai blok jurnalis pada 1 September 2008 namun hari lahir Kompasiana tercatat tonggaknya pada 22 Oktober 2008.

Pada 22 Oktober 2008 saat itu Kompasiana sudah di-upgrade system-nya ke versi Betha lebih anyar dan kompatibel sehingga bisa dicantolkan ke salah satu microsite "saudaranya" di Kompas.com yang sudah duluan mumpuni dalam berbagai teknologinya.

Selain itu juga Kompasiana sudah dikaitkan dengan facebook (kini Meta) sehingga peluang tingkat keterbacaan setiap artikel yang memenuhi syarat semakin terbuka lebar atau banyak.

Berdasarkan "momentum" tersebut usia Kompasiana kini sudah 13 tahun. Ibarat anak sekolahan di tanah air, kini dia sudah duduk di bangku kelas 1 Sekolah Menengah Pertama.

Dalam usianya 13 tahun Kompasiana pernah beberapa kali gonta-ganti tampilan akibat perubahan sistem dan filosofi perusahaan. 

Walaupun beberapa kali ganti tampilan dan upgrade namanya tetap sama, sesuai akte kelahiran, "Kompasiana." Kadang-kala hal itu bikin warganya menjerit karena kehilangan jumlah pembaca dan nilai menjadi berkurang.

Kompasiana secara cepat telah bertransformasi dari Bloger Jurnalis biasa (citizen journalism) di dalam kancah Red Ocean menjadi "Journalist Blog Network"  satu diantara blog yang komplit di tanah air.

Kompasiana tampil istimewa dan komplit, sebagai Personal Blogs untuk penulisnya, Business Blogs, Niche Blogs dan Affiliate Blogs.

Usia 13 tahun Kompasiana telah membuktikan tahan banting hadapi segala benturan dan perubahan yang terjadi dalam kancah Blue Ocean termasuk menghadapi lesunya ekonomi dalam pandemi covid-19.

Blue Ocean adalah sebuah istilah dalam bisnis yakni sebuah strategi yang menantang perusahaan "keluar" dari zona merah berdarah-darah (di red ocean) dengan mencari peluang dengan cara menciptakan nilai keuinikan yang TIDAK sembarang unik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline