Secara umum pengertian logistik adalah suatu ilmu pengetahuan dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu.
Menurut Burg Dalam Lysons, 2000
Menurut Burg, pengertian logistik ialah integrasi dari pengadaan, transportasi, manajemen persediaan dan aktifitas pergudangan dalam menyediakan alat untuk memenuhi kebutuhan bagi pelanggan, baik internal atau eksternal.
Semua kegiatan mempunyaimisi tersendiri. Tentunya untuk memastikan ketersediaan barang tepat waktu dan berada di tempat yang tepat. Berbagai kegiatan logistik pun dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai misi. Contohnya : kegiatan produksi, pengadaan barang dan juga distribusi.
Aktivitas-Aktivitas di dalam kegiatan Logistik
1. Pemrosesan dalam pesanan
2. Penyediaan transportasi yang memadai
3. Persediaan
4. Penanganan barang
5. Struktur dalam fasilitas
6. Memiliki sistem informasi dan komunikasi.
Sistem Logistik
Dalam sebuah sistem apapun terdapat komponen-komponen yang mendukung sistem tersebut agar dapat berjalan. Berikut ini 5 komponen yang mendukung arus barang dan distribusi logistik, yaitu:
1. Lokasi Fasilitas Logistik
2. Transportasi
3. Manajemen Pengadaan Persediaan
4. Komunikasi
5. Penyimpanan
Di dalam sebuah perusahaan, sistem logistik adalah hal yang benar-benar diperlukan untuk menjamin berjalannya transaksi. Perusahaan yang sudah memunyai jaringan fasilitas terpadu, transportasi yang andal, pengelolaan persediaan yang bagus akan mendapat kedudukan terbaik dalam memperoleh keuntungan jangka panjang di atas para kompetitiornya.
Sumber : Sumber1 Sumber2 Sumber3
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H