Lihat ke Halaman Asli

Encang Zaenal Muarif

Guru, Penulis Lepas, Youtuber, Petani, Pebisnis Tanaman

Hindari Tidur Setelah Sholat Subuh! Ini 5 Aktivitas Terbaik Setelah Sahur!

Diperbarui: 18 Maret 2024   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Sumber gambar : pixabay.com

Wahai pembaca budiman, terutama saudaraku sesama muslim, mari hindari tidur setelah sholat subuh! Dilansir dari telemed.ihc.id, langsung tidur setelah makan berpotensi mengakibatkan gangguan pencernaan, menimbulkan obesitas, meningkatkan potensi serangan stroke, memicu diabetes, dan merusak kualitas tidur. Daripada tidur, inilah deretan aktivitas terbaik setelah sahur.

1. Perbanyak Berdo'a dan Sholat Subuh Berjamaah

Bicara tentang aktivitas selepas sahur, tentunya kita menunggu adzan subuh berkumandang. Sebaiknya, gunakan waktu ini untuk sholat sunat, memperbanyak berdo'a, karena menjelang adzan subuh, do'a kita mustajab. 

Sholat subuh berjamaah adalah momentum indah yang sangat rugi jika kita tinggalkan. 

"Sekali-kali kalian tidak akan masuk neraka orang yang mengerjakan sholat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya (secara berjamaah). Maksudnya adalah sholat subuh dan sholat ashar," (HR. Muslim).

Karenanya, tidak heran jika makan sahur dianjurkan dilakukan di akhir waktu, atau jangan terlalu malam. Maksudnya supaya kita tidak tidur lagi dan bisa melaksanakan sholat subuh berjamaah. 

Berbeda dengan berbuka puasa, kita sangat dianjurkan untuk segera berbuka dengan makanan ringan terlebih dahulu (utamakan yang manis-manis), agar kita tidak ketinggalan sholat magrib berjamaah. 

2. Tadarus Al-Qur'an

Selepas sholat subuh berjamaah, aktivitas lainnya adalah tadarus Al-Qur'an. Untuk orang-orang yang lemah iman seperti saya, hehe, target one day one juz, sebaiknya dilakukan secara dicicil. Setelah sholat subuh, sehabis dzuhur dan sholat ashar.

Berbeda halnya dengan orang-orang soleh, target 1 hari 1 juz bisa dilakukan sekaligus. Bahkan ada yang lebih soleh lagi, khatam Al-Qur'an hanya beberapa hari. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline