Lihat ke Halaman Asli

Encang Zaenal Muarif

Guru, Penulis Lepas, Youtuber, Petani, Pebisnis Tanaman

Dasar-Dasar Bahasa Inggris, Simple Present Tense Bag. 1

Diperbarui: 29 Februari 2024   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Hallo anak-anakku pelajar SMP dan SMA di manapun Anda berada. Mari kita pelajari dasar-dasar Bahasa Inggris mulai dari Simple Present Tense. 

Sesuai dengan namanya, Simple artinya sederhana. Present artinya masa kini. Tense artinya bentuk kalimat. 

Jadi, Simple Present Tense adalah bentuk kalimat sederhana untuk menyatakan pekerjaan yang dilakukan di masa kini. 

Pekerjaan yang diungkapkan dalam Simple Present Tense pun bisa berupa pekerjaan yang dilakukan secara rutin (kebiasaan) yang berulang-ulang. Contoh : saya pergi ke sekolah setiap hari. (I go to school everyday). 

Selain itu, Simple Present Tense pun digunakan untuk menyatakan kebenaran umum yang tidak berubah-ubah, dari dulu hingga sekarang, kejadiannya tetap tidak berubah. Misal : matahari terbit di sebelah timur. (The sun rises in the east). 

Untuk menguasai Simple Present Tense, kita harus memahami rumusnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah pattern atau pola yang digunakan. 

Subject + V1/s/es + Object + Adverb.

Catatan : 

1. Subject = I (Saya), You (Kamu/Kalian), We (Kami/kita), They (Mereka), He (Dia laki-laki), She (Dia perempuan), It (dia untuk benda/binatang), Rini (nama orang), dan ada pula nama benda atau nama binatang yang disebutkan langsung sebagai Subject dalam kalimat. 

2. V1 = Verb 1 atau bentuk kata kerja ke-1 (dalam bahasa Inggris, ada bentuk kata kerja ke-1, ke-2 dan ke-3 serta Verb-ing) 

3. Object = me (saya), you (kamu/kalian), us (kami/kita), them (mereka), him (dia laki-laki), her (dia perempuan), it (dia benda atau binatang), Rini (nama orang), serta nama benda atau binatang yang disebutkan langsung namanya sebagai object dalam kalimat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline