Lihat ke Halaman Asli

Pembangkitan Rasa Nasionalisme di Indonesia

Diperbarui: 2 Desember 2023   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah Dian Harapan, Dok. Pribadi

"Kalau bangsa kita, Indonesia, walaupun dengan bambu runcing. Saudara-saudara semua sia sedia mati mempertahankan tanah air kita Indonesia, pada saat itu bangsa Indonesia adalah siap sedia untuk merdeka." -Soekarno-

Pasti kita semua pernah mendengarkan dari kata ini yang bersuara Nasionalisme. Tapi, apasih Nasionalise ini? Di sini saya akan membahas nasionalisme di dalam Indonesia.

Oke, sebelum kita melanjutkan ke lahirnya nasionalisme di indonesia, kita akan cari tahu apa itu pergerakan nasional. Pergerakan Nasional adalah istilah yang digunakan pada periode sejarah Indonesia menuju kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi pada periode 1908-1945.

Pada awal abad yang ke-20, ada banyak kesadaran di Indonesia. Saat pergerakan nasional ini terjadi, terbentuklah berbagai organisasi-organisasi yang akan membuat indonesia sampai negara sekarang seperti Budi Utomo, Serekat Islam, indische partij, dll. Pergerakan nasional ini juga ada faktor-faktornya lho. Seperti faktor internal dan faktor externalnya. Sekarang kita akan melihat faktor faktor tersebut.

Faktor Internal dan Faktor external          

Faktor internalnya itu banyaknya kejadian dan tekanan yang sedang berlanjut pada saat itu. juga rakyat Indonesia harus melawan kepada para penjajah. selanjutnya,  Adanya rasa nasib atau rasa penderitaan yang hidup dalam keinginan penjajah dan ini membangun semangat rakyat Indonesia. seterusnya, setiap manusia memiliki rasa dan harga diri untuk mempertahankan Negara Indonesia dan rakyat-rakyatnya. Dari faktor external ini mendapatkan ilmu dari luar untuk mengajarkan rakyat Indonesia dari negara luar.

Sekarang saya akan menjelaskan tentang hakikat nasionalisme. Menurut KBBI “Nasionalisme adalah paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.”. nasionalisme adalah sebuah semangat kepada semua orang  untuk membantu negaranya. Nasionalisme ini juga adalah sebuah pengetahuan dalam mencintai negaranya sendiri. Nasionalisme ini juga membuat semua orang yang berada di negara indonesia menjadi satu dan menyatu satu sama yang lain.

Konsep Lain yang Berhubungan dengan Nasionalisme adalah rasa Patriotisme. Rasa patriotisme adalah sikap dan tindakan seseorang yang rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran negara mereka sendiri. Contoh – contoh dengan rasa patriotisme itu sepert berikut:

1) Kecintaan pada tanah air

2) Bersedia mengorbankan sesuatu demi kepentingan negara dan bangsa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline