Lihat ke Halaman Asli

Arief Priyanto

Graduate of Communication Science | Journalist and Broadcasting Addict

Mantap! Tiga Ganda Campuran Lolos ke Babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2023

Diperbarui: 23 Agustus 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tiga Ganda Campuran Indonesia Melaju Ke Babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2023 (Foto : PBSI)

Indonesia berhasil meloloskan tiga wakil ganda campuran ke babak 16 Kejuaraan Dunia 2023. Tournament dengan kasta tertinggi BWF tersebut berlangsung di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, Rabu (23/8) Siang WIB. Hasil tersebut memastikan diri sapu bersih kemenangan juga peluang untuk merebut gelar juara terbuka lebar.

Kepastian itu didapatkan usai pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil menaklukan unggulan lima belas asal Jepang Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dibabak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023 lewat pertarungan sengit tiga game 21-15 14-21 21-14 dalam waktu 59 menit.

Sepanjang laga Rinov/Pitha mengambil alih permainan dan mampu bermain secara efisien, fokus dan tidak melakukan kesalahan yang dapat menguntungkan lawan. Kunci kemenangan hari ini Rinov/Pitha menerapkan strategi dari pelatih.

"Sejauh ini kami bermain lebih baik dari kemarin, komunikasi kita juga berjalan dengan lancar, pola yang diterapkan dan strategi yang diberikan sama pelatih bisa kita terapin, walaupun tidak seratus persen kita jalanin, cuma saya menghargai proses ini terutama dengan Rinov," Ungkap Pitha.

Meski sempat mendapatkan perlawan diset kedua namun pasangan yang kini berada di ranking BWF 16 dunia ini mampu tetap fokus dan tidak memberikan lawan untuk berkembang.
"Ya tadi diset kedua mereka menerapkan strategi yang bagus, jadi kita sempat kewalahan dan kita belum bisa keluar dari tekanan," Kata Rinov.

Dengan hasil tersebut Rinov/Pitha berhasil mengamankan satu tiket ke babak 16 besar BWF World Championships 2023. Pada laga besok Rinov/Pitha sudah ditantang unggulan keempat asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Head to head kedua pasangan 0-4 untuk keunggulan Dechapol/Sapsiree dimana pada pertemuan terakhir terjadi di tournament BWF World Tour Finals 2023 Rinov/Pitha harus takluk dengan rubber game 22-24 21-16 14-21.

Sebelumnya pasangan lainnya Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati juga berhasil melaju ke babak 16 besar usai menghentikan wakil Jerman Jones Rafly Jansen/Linda Efler dengan skor telak 21-9 21-12 dalam waktu 32 menit.

Pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia 2023 besok Rehan/Lisa sudah ditunggu unggulan kedua asal Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Head to head kedua pasangan 0-1 untuk keunggulan Yuta/Arisa, pertemuan terakhir terjadi di tournament Badminton Asia Championships 2022 Rehan/Lisa kalah telak dengan skor 5-21 12-21.

Sementara itu pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja lebih dulu melangkahkan kakinya ke babak 16 besar usai menghentikan perlawanan unggulan kesembilan asal Belanda Robin Tabeling/Selena Piek dengan dua game langsung 21-14 21-13 dalam waktu 35 menit.

Pada babak 16 besar nanti Dejan/Gloria akan ditantang unggulan pertama asal China Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Head to head kedua pasangan 0-1 untuk keunggulan Zheng/Huang, pertemuan terakhir terjadi di Malaysia Open 2023 dimana Dejan/Gloria kalah dengan skor 16-21 18-21.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline