Waktu adalah sebuah sumber yang sangat berharga dalam hidupmu, ibarat uang waktu sangat berharga. Bedanya, uang bisa kamu dapatkan kembali jika hilang atau bisa jadi kamu mendapatkan gantinya, sedangkan waktu yang hilang sampai kapan pun tidak akan pernah bisa kembali atau berputar kembali. Kehidupan terus berjalan seiring bergeraknya waktu kita harus membuat pengelolaan waktu yang baik, mengelolah waktu bukan hanya sekedar alat penunjang pekerjaan sebagaimana kalkulator dan gawai.
Jika ingin mengatur kehidupan dan menjadikan hidupmu menyenangkan, maka kita harus bisa mengatur waktu sebaik baiknya, karena waktu yang efektif merupakan hal dasar yang sangat penting bagi kita. Mengelolah waktu adalah kunci utama dari kesuksesan, selain itu kita dapat mengambil manfaat hasil kedisiplinanmu sebagai sebuah perjuangan yang berbuah manis.
Apabila kita mampu mengelolah waktu maka kita bisa sangat mudah mengatur pekerjaan dengan baik, selain itu mengelola waktu merupakan cara yang penting sehingga kita terhindar dari sikap suka menunda-nunda. Orang yang tepat waktu, menghargai waktu sebagai sesuatu yang penting, kemudian menggunakan waktu sebijaksana mungkin adalah orang yang disiplin dan teratur. Tujuan dari mengelolah waktu ialah bisa membuat seseorang menjadi orang mandiri dan disiplin karena tepat waktu, membuat seseorang bisa bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.
Berikut beberapa manfaat utama kemampuan dalam mengatur waktu:
- Bekerja produktif
- Banyak waktu luang
- Anti stress
- Terbiasa disiplin
- Mengurangi masalah
- Tanggung jawab
- Selesai lebih cepat
- Bersikap professional
Selain terdapat beberapa manfaat juga terdapat beberapa tips untuk mengelola waktu dengan baik.
Prioritaskan Hal yang Penting
Sering kali kita sebagai mahasiswa memiliki tugas yang banyak. Ketika banyaknya tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan, selesaikan terlebih dahulu mana yang dirasa lebih penting.
Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh,dalam sehari minimalnya kita harus tidur selama 7-8 jam. Istirahat yang cukup akan membuat otak lebih segar ketika bangun di pagi hari dan hal ini juga akan membuat kita lebih efisien melanjutkan aktivitas keesokan harinya.
Jangan Tunda Pekerjaan
Ketika ada pekerjaan atau tugas yang diberikan oleh dosen ataupun pimpinan di organisasi atau tempat kerja, langsung kerjakan selagi ada waktu luang untuk mengerjakannya. Jangan suka menunda-nunda mengerjakan tugas tersebut, sebab ketika tugas tersebut jadi menumpuk kita sendiri yang akan kewalahan.