Lihat ke Halaman Asli

Media Konvergensi

Diperbarui: 15 April 2021   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Adalah kecenderungan teknologi yang semula tidak terkait menjadi lebih terintegrasi dan bahkan bersatu seiring berkembang dan maju.  Misalnya, jam tangan, telepon, televisi, komputer, dan media sosial dan dimulai sebagai teknologi yang terpisah dan sebagian besar tidak terkait, tetapi telah menyatu dalam banyak hal menjadi bagian yang saling terkait dari industri telekomunikasi dan media, berbagi elemen umum elektronik digital dan perangkat lunak.  

DefinisiKonvergensi adalah integrasi mendalam dari pengetahuan, alat, dan semua aktivitas yang relevan dari aktivitas manusia untuk tujuan bersama, untuk memungkinkan masyarakat menjawab pertanyaan baru untuk mengubah ekosistem fisik atau sosial masing-masing. Konvergensi kemudian didefinisikan secara lebih spesifik sebagai penyatuan telekomunikasi, komputasi, dan penyiaran menjadi satu aliran bit digital menentang pernyataan bahwa konvergensi sebenarnya adalah pengambilalihan semua bentuk media oleh satu teknologi yaitu komputer digital.

Konvergensi teknologi media adalah kecenderungan bahwa seiring dengan perubahan teknologi, sistem teknologi yang berbeda terkadang berkembang ke arah melakukan tugas yang serupa.  Konvergensi digital mengacu pada konvergensi empat industri menjadi satu konglomerat, ITTCE Teknologi yang sebelumnya terpisah seperti suara, data, dan video sekarang dapat berbagi sumber daya dan berinteraksi satu sama lain secara sinergis.  Konvergensi telekomunikasi menggambarkan teknologi telekomunikasi yang muncul, dan arsitektur jaringan yang digunakan untuk memigrasi beberapa layanan komunikasi ke dalam satu jaringan tunggal.  

Secara khusus ini melibatkan penyatuan media yang sebelumnya berbeda seperti telepon dan komunikasi data ke antarmuka umum pada perangkat tunggal, seperti kebanyakan ponsel pintar yang dapat melakukan panggilan telepon dan mencari di web.  Konvergensi media adalah keterkaitan antara komputasi dan teknologi informasi lainnya, konten media, perusahaan media, dan jaringan komunikasi yang muncul sebagai hasil dari evolusi dan pemasyarakatan Internet serta aktivitas, produk, dan layanan yang telah muncul di media digital.   

Banyak ahli melihat ini hanya sebagai ujung karena semua aspek kegiatan kelembagaan dan kehidupan sosial seperti bisnis, pemerintahan, jurnalisme seni, kesehatan, dan pendidikan semakin banyak dilakukan di ruang media digital ini di seluruh jaringan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang.  Yang juga termasuk dalam topik ini adalah dasar dari jaringan komputer, dimana banyak sistem operasi yang berbeda, Jaringan komunikasi dirancang untuk membawa berbagai jenis informasi secara mandiri.  

Media yang lebih tua, seperti televisi dan radio, menyiarkan jaringan dengan khalayak pasif.  Konvergensi teknologi telekomunikasi memungkinkan manipulasi segala bentuk informasi, suara, data, dan video.  Telekomunikasi telah berubah dari dunia kelangkaan menjadi dunia yang tampaknya tidak terbatas kapasitasnya.  

Akibatnya, kemungkinan interaktivitas audiens mengubah audiens pasif menjadi audiens yang terlibat.  Akar historis konvergensi dapat ditelusuri kembali ke kemunculan telepon seluler dan Internet, meskipun istilah tersebut hanya berlaku dari sudut sejarah pemasaran ketika telepon tetap dan telepon seluler mulai ditawarkan oleh operator sebagai produk gabungan, bahkan ketika organisasi yang sama memasarkan kedua produk tersebut, keduanya dijual dan diservis secara mandiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline