Lihat ke Halaman Asli

Adam Al Fadila

4th semester student, Brawijaya University, Business Administration study program.

Pengertian, Sejarah, dan Fungsi Wikipedia

Diperbarui: 13 Februari 2023   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ketika mencari sebuah informasi secara daring, para pengguna internet pasti kerap mendapati wikipedia berada pada halaman awal. Terlebih bila anda sedang mencari informasi terkait dengan istilah, definisi, dan juga riwayat hidup para tokoh yang terkenal.

Namun, apakah kalian tahu bagaimana awal dari terciptanya wikipedia? Fungsi dan kegunaan dari wikipedia? Untuk mengetahuinya simak artikel di bawah ini.

Pengertian Wikipedia

Seperti yang dilansir pada laman Casa Kreatif, Wikipedia merupakan sebuah situs ensiklopedia bebas yang didalamnya memuat banyak sekali informasi dari hampir seluruh dunia.

Wikipedia juga merupakan sebuah situs yang paling banyak di akses oleh para pengguna internet di seluruh dunia untuk mencari sebuah informasi.

Selain itu, wikipedia merupakan merek dagang dari Wikipedia Foundation, Inc. Tak hanya Wikipedia, Wikipedia Foundation, Inc juga membuat berbagai situs lain dengan kegunaanya masing-masing seperti Wikiquote, Wiktionary, Wikisource, Wikibooks, dan juga Wikinews.

Wikipedia memberikan kemudahan bagi para pengguna nya berupa akses untuk membuat, mengedit maupun menambahkan artikel yang berguna bagi pengguna yang lain.

Adapun tujuan dari hal tersebut adalah untuk memberikan, membagikan dan menyebarluaskan sebuah pengetahuan, secara mudah, bebas, dan cepat tanpa adanya kendala kerumitan seperti bahasa, negara dan sebagainya.

Tak hanya itu, semua teks, artikel, gambar dan berbagai aspek yang terdapat dalam Wikipedia telah mendapatkan perlindungan oleh lisensi ganda. Yakni Creative Commons A-PS dan GFDL.

Dengan adanya hal tersebut, kontribusi tetap menjadi hak dari pembuat. Sedengakan izin dari CC dan GFDL akan memastikan seluruh muatan dalam situs ini tetap disalurkan secara gratis dan dapat direproduksi.

Sejarah Wikipedia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline