Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UMP 2021 di Desa Tundagan Membuat Inovasi Cemilan Sehat: NUGGET Clarias

Diperbarui: 12 September 2024   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan/dok. pri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto berjumlah 9 orang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) di Desa Tundagan, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.  Mahasiswa kelompok 002 melaksanakan KKN pada tanggal 29 Juli -- 29 Agustus Tahun 2024 dibawah bimbingan Bapak Praktik Hari Yuwono M.Art selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Mahasiswa berjumlah 9 orang ini berhasil membuat inovasi cemilan sehat yang berbahan dasar Lele dan disosialisasikan pada masyarakat desa tundagan (26/08/2024).

Nugget Clarias merupakan inovasi cemilan sehat yang mengandung protein yang tinggi. Protein adalah salah satu zat gizi makro yang berperan penting dalam hormon pertumbuhan anak. Selain itu, Ikan lele (Clarias sp) termasuk dalam jenis ikan air tawar. Harga jual ikan lele tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru sehingga menjadi suatu produk ikan lele yang memiliki nilai ekonomis tinggi yang dapat dijadikan sebagai peningkatan UMKM di desa tersebut.

Program Cemilan sehat Nugget Clarias dengan memberikan leafet dan memberikan penjelasan kandungan ikan lele sampai cara membuat Nugget Clarias. Kandungan ikan lele tiap 100 gram mengandung protein 18 gram, lemak 3 gram, Natrium 50 gram, omega-3 237 miligram, omega-6 337 miligram, dan zat besi 5,6 gram.

Kegiatan ini bertujuan agar anak anak dapat mengkonsumsi makanan sehat tinggi gizi sehingga terhindar dari kata stunting, dan diharapkan masyarakat setempat terutama ibu-Ibu nya semakin kreatif dalam memenuhi makanan bergizi dirumah. Hal ini dikarenakan sebelum melaksanakan kegiatan ini, kelompok 002 telah melakukan observasi di desa tersebut  ditemukan masih banyak kasus stunting.

Program unggulan kelompok 002 ini dapat menjad awal untuk mengubah kebiasaan anak anak untuk mengkonsumsi cemilan sehat ini untuk mengurangi angka stunting. Selain itu program ini bisa dijadikan meningkatkan UMKM setempat secara kreatif dengan berjualan Nugget Clarias.  

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline