Lihat ke Halaman Asli

Mempelajari Lebih Jauh tentang Anatomi Otak dan Bagian-bagiannya

Diperbarui: 13 Maret 2022   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Otak manusia merupakan organ yang paling penting dan paling canggih. Otak mengatur semua kegiatan yang ada di dalam tubuh manusia. Maka, kita harus dapat menjaga kesehatan agar semua berjalan semestinya.

Kali ini, kita akan membahas tentang bagian-bagian dari otak manusia. Ada tiga bagian utama dari otak, antara lain: otak besar (cerebrum), batang otak (brainsteam), dan otak kecil (cerebellum). Namun, ternyata otak masih memiliki bagian-bagian lainnya loh. Yuk, kita bahas bersama!

Seperti yang sudah disebutkan tadi, otak memiliki tiga bagian utama, yaitu:

1. Otak besar (cerebrum)

Ukuran dari bagian otak ini merupakan yang paling besar. Cerebrum ini menerima pesan yang dikirim dari seluruh alat indera. Otak besar memiliki fungsi, antara lain: berpikir, merasa, dan memori. Otak besar memiliki 4 lobus, yaitu: lobus frontal, lobus parietalis, lobus temporalis, dan lobus oksipitalis.

  • Lobus frontalis terletak di dahi hingga ke tengah otak. Lobus ini memiliki fungsi mengontrol emosi seseorang, kreativitas, dan mengatasi masalah.
  • Lobus parietalis terletak di tengah atau puncak kepala. Memiliki peran mengendalikan sensasi, seperti: penekanan, suhu, nyeri, dan sentuhan.
  • Lobus temporal terletak di samping kanan dan kiri otak. Berfungsi mengontrol indera pendengaran, ingatan, emosi manusia, serta berbicara.
  • Lobus oksipital terletak di bagian paling belakang otak. Memiliki peran mengontrol penglihatan akibatnya bisa menerima, memproses, serta menerjemahkan informasi sensoris.

2. Batang otak (brainsteam)

Bagian ini berupa jaringan saraf-saraf yang terletak di dasar otak manusia. Batang otak menghubungkan otak besar, otak kecil, juga saraf tulang belakang. Selain itu, batang otak juga berperan mengontrol pergerakan mata, mengontrol jantung dan paru-paru manusia, mengendalikan gerakan wajah, mengarahkan proses menelan, muntah, batuk, hingga bersin. Stuktur utama batang otak, yaitu: otak tengah, medulla oblongata, dan pons.

3. Otak kecil (cerebellum)

Otak kecil ditemukan di bawah dari otak besar, lebih tepatnya di bawah lobus oksipital. Bagian ini berperan memelihara keseimbangan dari gerak tubuh, mengatur otot, dan mengendalikan gerakan cepat maupun lambat. Refleks dan tak bisa dikendalikan merupakan sistem kerja dari otak kecil ini. Cerebellum memiliki tiga bagian, antara lain: spinoserebelum, vestibuloserebelum, dan sereberoserebelum.

Nah, selain tiga struktur utama di atas, otak memiliki beberapa bagian yang tidak kalah penting untuk dipelajari loh. Tetapi, di sini kita hanya akan mempelajari tentang sistem limbik saja.

Yuk kita bahas sekarang!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline