Lihat ke Halaman Asli

Joycelyn Harmoko

Mahasiswa IPB University

Pengabdian Kelompok KKN-TI IPB untuk Pertanian Desa Kabandungan melalui Survei Tanah

Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Pembangunan pertanian menjadi fokus utama dari Desa Kabandungan. Pembangunan pertanian bertujuan meningkatkan produktivitas komoditas pertanian di Desa Kabandungan. Untuk itu, diperlukan perencanaan, evaluasi lahan, dan rekomendasi penggunaan lahan agar lahan dapat dimanfaatkan sesuai daya dukungnya. Kelompok Mahasiswa KKN-TI IPB University 2023 mencetuskan program kerja “Survei, Pemetaan, dan Evaluasi Lahan Pertanian pada Tiga Kelompok Tani di Desa Kabandungan”. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara BPP (Balai Penyuluh Pertanian) dan petani dari kelompok tani Cermat Tani, Berkah Tani, serta Cibidin.

Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan data sekunder dan pembuatan peta. Terdapat 3 peta yang dibuat dalam program ini, yaitu peta kontur Desa Kabandungan, peta penggunaan lahan pertanian Desa Kabandungan, peta tanah pada tiga kelompok tani, dan peta geologi Desa Kabandungan. 

Setelah itu, survei lahan pertanian dilakukan pada tanggal 10 dan 12 Juli di Kelompok Tani Berkah Tani, tanggal 20 Juli di Kelompok Tani Cermat Tani, dan tanggal 22 Juli di Kelompok Tani Cibidin. Hasil dari survei lahan pertanian yang dilakukan adalah informasi mengenai morfologi tanah pada kelompok tani tersebut. Selanjutnya, evaluasi lahan sesuai dengan komoditas pertanian tertentu dilakukan untuk mengetahui komoditas yang cocok pada lahan ketiga kelompok tani.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Kegiatan survei, pemetaan, dan evaluasi lahan ini menghasilkan output, berupa buku saku. Buku saku tersebut berisi informasi mengenai gambaran umum wilayah ketiga kelompok tani Desa Kabandungan, hasil evaluasi kesesuaian lahan terhadap beberapa komoditas, dan rekomendasi upaya peningkatan kualitas lahan. Dengan demikian, diharapkan buku tersebut dapat menjadi bahan informasi tentang kondisi lahan pertanian dan kesesuaian lahan untuk pengembangan komoditas pangan serta menjadi pedoman para petani dalam mengelola lahan pertanian Desa Kabandungan agar tetap produktif dan berkelanjutan.

Sumber: Dokumentasi pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline