Lihat ke Halaman Asli

Atikah Djunaedi

Freelance Translator | Certified German Teacher |

Saya Menyesal Kuliah Jurusan Bahasa Jerman!

Diperbarui: 2 Oktober 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hah? kenapaaa?

Warte ..... ini bukan saya yang menyesal telah kuliah mengambil jurusan bahasa Jerman.

Beberapa hari ke belakang sudah dibuka lowongan untuk PPPK khususnya untuk tenaga guru. Dan di dua grup yang saya ikuti (perkumpulan guru bahasa Jerman) ramai memperbincangkan bahwa tidak adanya formasi yang disediakan untuk guru bahasa Jerman, khususnya untuk wilayah Jawa Barat. Isu tersebut berkembang ke perkara kurangnya jumlah jam mengajar guru bahasa Jerman di sekolah tempat mereka mengajar dan lainnya, dan masih banyaklah keluh kesah rekan guru bahasa Jerman, karena ada yang sudah puluhan tahun hanya sebagai guru honorer.

"Hanya ada 5 orang teman seangkatan saya yang bekerja sebagai guru bahasa Jerman, sebagian besar dari mereka ada yang menjadi guru tetapi mengajar pelajaran lain bahkan ada juga yang tidak bekerja sebagai guru bahasa Jerman sama sekali", bunyi pesan yang masuk ke nomor pribadi saya. Dia adek tingkat saya yang terpaut 13 tahun. "Kadang saya menyesal ambil jurusan bahasa Jerman, andai saya mengambil jurusan bahasa Inggris , mungkin saya sudah jadi PNS", sambungnya lagi.

Saya hanya tersenyum karena saya tahu perasaan ini dan pernah merasakan penyesalan yang serupa.

Adek-adek lulusan pendidikan bahasa Jerman ataupun guru-guru yang masih menunggu formasi yang disediakan pemerintah untuk diangkat menjadi tenaga PPPK ataupun PNS, janganlah menunggu pemerintah menyediakan lahan untuk kita. 

Memang menjadi seorang PNS itu merupakan cita-cita atau kebanggaan sebagian besar dari kita , tetapi jika kenyataan tersebut tidak juga datang menjemput, apa langkah kita?  Berikut saya akan share sebagian pengalaman saya dalam hal pengajaran bahasa Jerman dan juga bidang pekerjaan yang bisa memanfaatkan kemampuan berbahasa kita.

Saat ini, saya melihat banyak sekali lembaga-lembaga swasta yang menawarkan pengajaran bahasa Jerman untuk para peminat bahasa, terlepas dari tujuan mereka mengapa mereka belajar bahasa Jerman. Dan saya bisa pastikan bahwa saat ini banyak sekali peminat bahasa Jerman mencari guru atau instruktur bahasa Jerman yang tidak terbatas dengan ruang ataupun waktu. Banyak pekerja mencari intruktur bahasa Jerman yang jam belajarnya bisa menyesuaikan dengan waktu luang mereka. Bukankah ini merupakan suatu peluang yang bisa kita masuki? Lalu bagaimana caranya?

Sebagai guru bahasa Jerman kita jangan hanya terpaku untuk menjadi pengajar offline saja, yang mengajar dalam gedung dengan waktu yang ditentukan oleh lembaga tempat kita bernaung, TETAPI kita bisa memberikan pengajaran secara online! Ya, belajar bahasa online memang sudah menjamur. Lalu apa langkah pertama yang harus kita lakukan? 

  • Sebagai pendatang baru (fresh graduate atau pemain lama tapi belum pernah ngajar online), karena tentu saja kita belum bisa menawarkan service kita dengan mengusung brand sendiri,maka langkah yang bisa kita ambil adalah dengan masuk dan bergabung dengan sebuah lembaga yang sudah lama bermain di bidang ini sebagai pengajar. Caranya? kirimlah lamaran untuk menjadi salah seorang pengajar mereka. Lamarlah ke beberapa lembaga.
  • Selama kita menjadi guru online yang bernaung disebuah lembaga, kita pelajari tata cara dan alur prosesnya.Setelah kita tahu alur cara pembelajaran online, cobalah untuk memasarkan layanan yang sama dengan brand sendiri atau gabung dengan teman kuliah kalian. Yakinlah rejeki sudah ada yang ngatur.
  • Dimana saya temukan lowongan-lowongan yang mencari guru atau instruktur bahasa online? . Saya banyak menemukan client dan pekerjaan di platform Linkedin. Carilah disana, perbaiki profile Linkedin Anda.
  • Jadi sambil mengajar di sekolah dan menunggu formasi guru bahasa Jerman dan diangkat jadi PNS atau PPPK, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain jadi guru, lulusan bahasa Jerman bisa bekerja apa lagi?. Jawabannya tentu saja tidak terbatas, sebetulnya lulusan bahasa Jerman itu orang yang mempunya kelebihan,  yaitu kemampuan bahasa asing selain bahasa Inggris. Tetapi salah satu pekerjaan yang linier dengan bidang studi kita adalah menjadi seorang penerjemah. Caranya bagaimana?

  • Yang pertama tentu saja kembangkan kemampuan berbahasa kita dengan cara memperbanyak literasi. 
  • Isilah waktu senggang dengan berlatih menerjemahkan.
  • Buatlah akun profesional di website yang menawarkan pekerjaan penerjemahan, misal freelancer.com, ProZ.com, Upwork.com dan masih banyak lagi.

Intinya, kita yang menentukan keberhasilan kita dan kuncinya adalah tergantung pada kreativitas dan keaktifan kita sendiri.

Semangat dan jangan menyesal lagi ya....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline