Lihat ke Halaman Asli

Fashion with instagram

Diperbarui: 16 Oktober 2015   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Di Indonesia khususnya anak-anak muda Zaman sekarang tidak asing lagi mendengar kata yang satu ini ‘INSTAGRAM’ , ya aplikasi sosmed yang satu ini sangat di gemari dan di sukai belakangan ini, saking teralau tenernya, kebanyakan orang tidak mengetahui apa itu instagram sebenarnya

Apa itu instagram? Disusun dari dua kata, yaitu “Insta” dan “Gram”. Arti dari kata pertama diambil dari istilah “Instan” atau serba cepat/mudah. Namun dalam sejarah penggunaan kamera foto, istilah “Instan” merupakan sebutan lain dari kamera Polaroid. Yaitu jenis kamera yang bisa langsung mencetak foto beberapa saat setelah membidik objek. Sedangkan kata “Gram” diambil dari “Telegram” yang maknanya dikaitkan sebagai media pengirim informasi yang sangat cepat.

Dari penggunaan dua kata tersebut, kita jadi semakin memahami arti dan fungsi sebenarnya dari Instagram. Yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.

Salain fungsi isntagram adalah untuk berbagi foto dengan cepat, aplikasi ini juga banyak di gunakan sesuai dengan keinginan kita masing-masing, tak jarang ada yang mengunakan apaikasi ini untuk media online shop, atau media Promosi, hal semacam ini tidak lah salah tetapi dalam penerapannya kebanyak dari kita haruslah memakai sesuai dengan keperluan kita masing-masing.

Dalam kaitannya juga di isntagram banyak sekali akun yang dapat kita temui, mulai akun personal ataupun akun yang di buat suatu komunitas untuk mempublis berbagai gambar-gambar yang di anggap menarik bagi mereka. Berangkat dari hal ini kita sebagi penggunaka instagram juga selalu melirik alias ‘kepo’ untuk melihat berbagai foto yang di publis oleh akun-akun tertentu. Misalakan akun style pakaian yang ada di isntagram, , kebanyakan dari kita mulai tertarik untuk mengfollow (mengikuti) akun mereka bukan hanya itu saja para akun artis idola yang kita gemari maupun tidak kita selalu melirik setiap posting gambar yang di publis mereka.

Hal semacam ini tidak lah salah, tetapi tanpa kita sadari dari instagram sendiri telah membri gaya baru dalam hidup kita, Di Indonesia sendiri pengguna istagram sangat meningkat, maka dari itu berapa banyak yang telah di bantuk gaya hidupnya melalui instagram? Dalam teori budaya popular, mengatakan bahwa budaya dapat digunakan untuk mengacu pada suatu proses umum perkembangan intelektual, spiritual, dan estetis (Williams, 1983: 90).

Contohnya kita selalu ingin memakai baju atau mempunyai baju yang di bakai oleh artis yang kita sukai, karena kita terlalu sering melihat foto-foto yang di publis di instagram mereka, dan apa yang kita lihat akan menjadi sebuah pola pemikiran yang baru, sehingga kita beranggapan bahwa apa yang di publis di akun istagram tersebut adalah sebuah hal yang perlu di penuhi karena itu trend, cakep, dan sesuai dengan perkembangan zaman, dan jangan-jangan instagram dapat merubah gaya hidup kita.

Bukan menjadi hal yang baru lagi, sebagai pengguna istagram cukuplah menggunakan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing dan apapun yang kita lihat di instagram hanya sebuah hiburan bukan menjadi sebuah prioritas dalam gaya hidup entah style,perilaku dan hal lainnya yang dapat mempengaruhi kehidupan kita.

 

 

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline