Lihat ke Halaman Asli

Abelia Savira

SMA Negeri 3 Kota Mojokerto

Sisi Keefektifan antara Soal Pilihan Ganda dan Soal Essay (Soal Uraian)

Diperbarui: 4 Oktober 2023   09:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ujian merupakan tes yang biasa dilakukan di akhir bab pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui potensi siswa atau mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran yang sudah dilewati atau memahami materi yang sudah diberikan kepada guru untuk siswa selama pembelajaran. Apakah soal essay lebih baik jika diterapkan untuk pembelajaran siswa guna sebagai peningkatan pemahaman materi yang lebih luas dibandingkan soal pilihan ganda ?

Soal pilihan ganda merupakan tes dengan model soal yang mengutamakan inti pokok soalnya dan pilihan jawaban biasanya bervariasi. Sedangkan untuk soal essay atau soal uraian merupakan tes yang tersusun dalam bentuk pertanyaan yang berstruktur dimana siswa menjawab pertanyaan dengan menyusun jawaban sendiri sebaik mungkin sesuai teori yang sudah dipelajari dengan bahasanya sendiri.

Dilihat dari sisi keefektifan nya, soal essay memang baik jika diterapkan untuk proses atau latihan  pembelajaran siswa dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat atau jawaban sesuai dengan materi yang sudah dipelajari menggunakan bahasanya sendiri. Selain itu, soal essay juga bertujuan untuk melatih atau mengukur ketepatan siswa dalam memilih kata dan menyusun kalimat dengan baik dan benar. 

Soal essay bisa menghubungkan suatu hasil pemikiran siswa tentang jawaban soal atas teori yang sudah dipelajari dengan kalimatnya sendiri. Namun soal essay ini sukar untuk benar benar menilainya dan membutuhkan waktu untuk pengkoreksiannya sehingga sulit dalam mengukur penguasaan siswa. Soal essay ini juga kurang objektif karena setiap orang memiliki kemampuan berbeda beda. 

Sedangkan untuk soal pilihan ganda melatih kemampuan siswa dengan menuntut mental yang tidak begitu tinggi. Soal pilihan ganda juga bisa melatih siswa untuk agar lebih teliti lagi waktu mengerjakan dan tentunya menghemat waktu untuk pengkoreksiannya. Banyak kemungkinan juga siswa menerka neraka jawaban. Dalam menjawab soal pilihan ganda membutuhkan pertimbangan sehingga dapat melatih kecerdasan otak dalam mengingat atau menghafal dll untuk memilih jawaban yang terbaik. Namun soal pilihan ganda ini jauh lebih objektif dibandingkan dengan soal essay atau uraian karena hemat waktu dan lebih cepat atau mudah pengkoreksiannya.

Jika soal essay dan soal pilihan ganda digabungkan akan lebih baik untuk mengukur pemahaman juga berpikir kritis dan kreatif siswa. Walaupun soal pilihan ganda lebih efisien dari pada soal essay. Sebenarnya, manfaat dari keduanya sama sama bertujuan untuk mencapai ilmu atau pendidikan yang lebih luas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline