Mata kuliah perencanaan dan pengembangan bisnis ini difokuskan kepada pengembangan bisnis yang kreatif dan inovatif serta dapat memiliki kemungkinan pertumbuhan yang tinggi di masa depan. Di dalamnya terdapat beberapa unsur pembahasan, diantaranya : perancangan bisnis (business design), perencanaan bisnis (business plan), sampai penyajian proposal bisnis untuk disajikan di depan para calon investor.
Prespektif dan juga kerangka mata kuliah ini yaitu untuk memahami bagaimana inovasi bisnis bisa membangkitkan growth and economic value untuk perusahaan yang sudah mapan. Oleh karena itu berbagai isu bisnis dan rancangan strategi serta praktek organisasi yang membawa pada keberhasilan bisnisnya.
Mata kuliah perencanaan bisnis dirancang untuk membahas konsep dasar bisnis dalam konteks global yang terus berubah ubah. Dengan menggunakan pendekatan yang terintegrasi dan juga praktis, pembahasan yang ditekankan pada penerapan konsep bisnis untuk memahami berbagai praktik bisnis sekarang dan dimasa depan. Pembahasan mencakup isu terkini dalam bisnis kontemporer, bagaimana perusahaan dibangun dan bertahan di dalam lingkungan global yang dinamis dan bagaimana menghadapi dunia bisnis yang kompetitif.
Mata kuliah pengembangan bisnis didesain untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa untuk mengembangkan soft skill, self awareness dan pengembangan kualitas diri yang sekiranya dapat digunakan untuk membangun karir sebagai entrepreneur.
Jadi, mata kuliah perencanaan dan pengembangan bisnis ini adalah sebagai sarana para mahasiswa sekaligus peran kampus untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H