Lihat ke Halaman Asli

Charles Wright Mills

Diperbarui: 19 November 2022   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mills lahir pada 28 Agustus 1916, di Texas. Tahun 1939 Mills mendapatkan gelar A.B dan A.M dari Universitas Texas, lalu tahun 1941 ia mendapatkan gelar Ph.D dari Universitas Wisconsin, dan tahun 1946 ia bergabung dengan Fakultas Sosiologi di Universitas Columbia serta menjadi dosen sosiologi. Karya Mills semuanya berisi mengenai penafsiran dunia melalui perspektif teoritis yang dipengaruhi oleh Max Weber. Pemikiran Mills mengenai pandangan menyeluruh dari sistem sosial budaya, yang saling bergantung, dan memiliki efek terhadap nilai-nilai kemanusiaan, pikiran, dan perilaku. Kemudian Mills meninggal pada 20 Maret 1962.

Rasionalisasi, adalah aplikasi praktis dari pengetahuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuannya yaitu efisiensi, dan kemampuannya adalah koordinasi total dan kontrol atas proses sosial untuk mencapai tujuan tersebut. Rasionalisasi merupakan asumsi dasar Mills mengenai sifat manusia dan masyarakat. Asumsi dasarnya yaitu ia menegaskan bahwa manusia tidak dapat terpisah dari struktur sosial dan sejarah di mana mereka terbentuk dan berinteraksi. Lalu manusia termotivasi oleh norma, nilai, dan sistem kepercayaan yang berlaku dalam masyarakat, serta perubahan struktural yang sering menyampaikan "kata motivasi" ke dalam kehidupan masyarakat. Perubahan struktural dalam peningkatan masyarakat sebagai lembaga membuatnya lebih besar, lalu merangkul, dan saling berhubungan. Akibatnya, waktu perubahan telah mempercepat era modern, dan perubahan menjadi lebih berat untuk seseorang yang berada dalam kendali serta yang tumduk kepada organisasi tertentu.

White Collar Worker

Menurut Mills, munculnya pekerja kerah putih berawal dari perubahan pekerjaan karena pertumbuhan terakhir di birokrasi, perubahan teknologi, dan meningkatnya kebutuhan pada pasar barang dari masyarakat industri. Karakteristik pekerja kerah putih yaitu tidak terorganisir dan tergantung pada birokrasi besar untuk keberadaan mereka. Mills mengamati bahwa didalam pekerjaan dibagi menjadi tugas fungsional sederhana. Dimana standarnya adalah kecepatan kerja dan output. Kebijakan keputusan dan fungsi eksekutif yang terpusat bergerak naik hirarki. Dengan adanya pertumbuhan dalam pembagian kerja, jumlah pekerjaan rutin meningkat, wewenang dan otonomi pekerjaan menjadi atribut hanya posisi teratas. Ada perbedaan semakin besar yaitu mengenai kekuasaan, prestise, dan pendapatan antara manajer dan staf. Pekerja tidak memiliki kebebasan untuk mengambil keputusan sendiri, dimana pengambilan keputusannya sesuai dengan aturan ketat. Menyebabkan para pekerja itu menjadi terasing dari kapasitas intelektualnya dan kehidupannya, dimana bekerja menjadi kegiatan yang harus mereka jalankan setiap hari. Munculnya pekerja kerah putih telah berefek pada sistem pendidikan di birokrasi-industri masyarakat. Prestasi kerja dan promosi didasarkan pada pekerjaan yang dirutinkan dan mengikuti perintah serta aturan birokrasi. Mills mengatakan akibat munculnya pekerja kerah putih, pendidikan di Amerika menjadi lebih fokus kejuruan. SMA, serta perguruan tinggi, telah menjadi tempat pelatihan untuk birokrasi.

The Power and Authority Elite: menurut Mills kekuatan dan kekuasaan dari kaum elit tidak terbatas pada keputusan dan tindakan mereka dalam peran mereka sebagai politisi dan pemimpin perusahaan dan militer, tetapi kekuatan dan kekuasaan mereka meluas ke seluruh dan membentuk semua organisasi dalam masyarakat. Jadi dengan menciptakan kondisi kehidupan orang lain, para elit mengatur apa yang terjadi di masyarakat, dan institusi lain.

Mills menjumpai ada 5 masalah sosial, yaitu:

 1) Alienasi 

2) penyimpangan moral/apatis

3) Ancaman terhadap demokrasi 

4) Ancaman terhadap kebebasan manusia 

5) Konflik antara rasionalitas birokratis dan akal manusia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline