Lihat ke Halaman Asli

Ikhsan Mahmudi

Pelajar/Mahasiswa

Peranan Seni dalam Antropologi

Diperbarui: 13 Juni 2024   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kelompok

Pegertian Antropologi

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman manusia secara menyeluruh meliputi aspek biologis, budaya, dan perilaku sosial. Kata Antropolgi berasal dari bahasa Yunani "Antrophos"yang berarti manusia dan "Logos" yang berarti pengetahuan atau studi. Antropolgi mendalami perilaku manusia dalam berbagai konteks mulai dari interaksi dalam keluarga atau komunitas hingga dinamika ploitik, ekonomi dan agama.

Cabang-cabang ilmu antroplogipun beragam muali dari Antropologi Fisik meneliti evolusi, anatomi, dan fisiologi manusia. Antropologi budaya menyelami keberagaman budaya, adat istiadat dan tradisi. Arkeologi meneliti budaya masa lampau melalui artefak, situs purbakala dan fosil

Antropologi dapat menjelaskan pemahaman akar permasalahan sosial, melatih pemikiran kritis, mendorong kita untuk mempertanyakan asumsi dan meilhat dunia dari berbagai perspektif. Komunikasi lintas budayapun menjadi lebih lancar, menjembatani perbedaan dan membangun hubungan harmonis.

Pengertian Seni

Seni adalah ekspresi manusia yang melibatkan keahlian, imajinasi dan emosi. Seni hadir dalam berbagai bentuk seperti lukisan, patung, dan sastra. Seni Bertujuan untuk menciptakan keindahan, makna dan komunikasi. Seni juga dapat membangkitkan emosi, merefleksikan realitas dan menjadi bagian dari budaya.

Seni dalam pandangan antropologi sendiri bukan hanya estetika atau hiburan namun, merupakan budaya yang kaya makna, ekspresi, nilai-nilai kepercayaan dan cara hidup masyarakat yang tertuang dalam berbagai bentuk. Seni juga menjadi identitas kelompok yang membedakan satu dengan lainnya. Seni bahkan dapat menjadi media perubahan sosial seperti kritik sosial dan berbagai isu lainnyadapat diangkat dalam seni sehingga dapat mendorong perubahan sosial menuju ke arah yang lebih baik.

Salah satu bentuk seni adalah teather. Teather adalah pertunjukan yang memadukan berbagai elemen seni seperti seni rupa, seni peran, seni musik, dialog dan ekspresi sehingga mampu membawa penonton masuk ke dalam cerita.

UKSM Panjalu Fakultas Pertanian Universitas Jember mengadakan pentas teather tepatnya pada tanggal 8-9 Juni 2024 Pukul 7 malam WIB. Pentas ini rutin diadakan 1 tahun sekali sebagai wadah bagi angkatan muda untuk belajar merealisasikan ide atau gagasan tentang isu-isu sosial yang ada. Selain pementasan teather sebagai acara utama, UKMS Panjalu juga menampilakan seni tari, seni lukis, musik band dan masih banyak lagi.

Selain bisa menampilkan pertunjukan Teather yang menarik, menurut wawancara kami dengan salah satu peserta teather UKSM Panjalu juga dapat menampung minat dan menguatkan bakat para peserta pentas. Merak juga mengaku senang karen bisa turut serta dalam pementasan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline