Lihat ke Halaman Asli

WISNU LEGOWO

Tentang Saya

Tips Belajar Bahasa Asing Otodidak

Diperbarui: 23 Maret 2022   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://wisnulegowopedia.blogspot.com/

Wisnu Legowo - Di era yang serba digital ini, Kemampuan berbahasa inggris merupakan hal yang lumrah, dibuktikan dengan banyaknya anak anak yang mahir dalam berbahasa asing. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak berasal dari orang kaya yang mana dapat dengan mudah untuk belajar dengan guru mapun menjadi internasional shchool. lantas, terlintas bagaimana mereka belajar?

Internet, yang dengan internet dapat memberikan kemudahan bagi manusia dalam berbagai aktivitas yaitu mempelajari bahasa asing salah satunya. Kemampuan menguasai bahasa asing telah menjadi sebuah dasar yang akan sangat menguntungkan apabila dimiliki oleh seseorang pada era sekarang ini, tidak hanya pekerjaan yang mudah didapat. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, pastinya akan membuka peluang besar untuk lebih mengenal dunia lebih luas tanpa batas. Terlebih lagi, mempelajari bahasa asing memberikan peluang anda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik yaitu  melalui beasiswa luar negeri. Umumnya, banyak penyedia dan pemberi beasiswa yang mewajibkan para calon siswa untuk menyertakan sertifikat bahasa bertaraf internasional. 

Jadi masih ragu untuk belajar bahasa asing ? biaya terlalu mahal? eiitsss.. tenang, simak dulu  tips berikut ini, untuk belajar bahasa asing secara otodidak !!

1. TETAPKAN TUJUAN

Dalam memulai segala sesuatu, tujuan merupakan hal terpenting, begitu pula jika kamu ingin belajar bahasa baru. Ibarat gedung kamu harus paham pondasi sebagai hal yang motivasi kamu ketika ingin merasa menyerah. Kuatkan keyakinanmu, dan yakin kamu pasti bisa !!! mental mu berperan sangat penting. Apakah karena kamu ingin kuliah diluar ngeeri, bekerja di perusahan internasional, atau belajar untuk menambah wawasan. Apapun motivasi kamu, kamu harus memahaminya secara detail, apakah alasan kamu belajar bahasa asing?  apabila tujuanmu adalah untuk kuliah di luar negeri, maka kemampuan bahasa akademik baik lisan maupun tulis menjadi sanget penting. Berbeda lagi, apabila kamu belajar untuk bercakap dengan orang asing, kamu bisa mempelajari salah satu aspek saja dan tidak terlalu dalam, seperti contoh speaking.

2. TONTON VIDEO

Salah satu hal terbaik tentang internet, dalam hal pembelajaran bahasa, adalah ada lebih banyak video daripada sebelumnya. Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk belajar bahasa adalah memaparkan atau mengekspose diri kamu sebanyak mungkin, dan dengan YouTube kamu dapat menonton video dalam bahasa yang ingin kamu pelajari selama bertahun-tahun lho!

Nyalakan subtitle atau gunakan double subtitle menggunakan google extenstion, hal ini untuk membantu kamu memahami dan membangun banyak keterampilan sekaligus, kamu juga bisa melatih cara menulis dengan mengkomentari video yang anda tonton, dengan konsisiten dan berkelanjutan, jamin deh sususan dan perbendaharaan katamu semakin baik !!!

3. BERKOMUNIKASI DALAM GRUP

Interaksi adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa, dan sebagian besar internet menggunakan bahasa Asing, terutama Inggris. Ini berarti kamu memiliki lingkungan yang luas untuk belajar dan menggunakan bahasa Inggris online. Gunakan situs web atau jejaring sosial media apapun yang kamu suka! Bahkan ada grup Facebook yang didedikasikan untuk belajar bahasa Inggris lho.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline