Lihat ke Halaman Asli

PMII Gelar Aksi Gaungkan Pesan Penting di Hadapan Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya

Diperbarui: 21 Agustus 2024   12:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Putri Dam'un Nabila

PMII Gelar Aksi Gaungkan Pesan Penting di Hadapan Mahasiswa Baru

 

Universitas Brawijaya secara resmi memulai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada hari Senin (12/08/2024). Meski acara dilaksanakan secara hybrid, sejumlah 14.821 mahasiswa baru secara antusias dan khidmat mengikuti berbagai rangkaian Jelajah Almamater Universitas Brawijaya (RAJA Brawijaya).

Salah satu Maba Aradhana 62 menuturkan rasa senangnya bisa kuliah di UB dan berharap bisa menjalani perkuliahan dengan produktif serta bisa lulus tepat waktu. Opening ceremony acara ini berjalan dengan lancar serta terkesan menyenangkan. "Pemilihan pelaksanaan RAJA Brawijaya secara hybrid merupakan buah dari evaluasi permasalahan di tahun lalu, sehingga di ambillah sebuah kebijakan tersebut," jelas Zaki Ibrahim, Ketua Pelaksana RAJA Brawijaya.

Pada hari itu juga, kurang lebih 100 aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi simbolik di depan gerbang BNI Universitas Brawijaya. Aksi ini dipimpin oleh Ibra Aqsa, aktivis koordinator kegiatan, bahwa "aksi tersebut bertujuan mengingatkan mahasiswa baru akan peran penting mereka sebagai agen perubahan," tuturnya. Ibra juga menjelaskan bahwa mahasiswa memiliki peran krusial sebagai agen perubahan, agen pengembang, dan agen pergerakan. "Mahasiswa harus menjadi penerus bangsa yang inovatif, aktif, dan kritis," pungkasnya. Aksi simbolik ini juga merupakan bentuk representasi kebebasan berpendapat sebagai warga negara yang dijamin oleh konstitusi.

Dalam aksinya, PMII menegaskan pentingnya peran mahasiswa sebagai kelompok masyarakat terdidik. Mahasiswa diharapkan mampu melihat dan memahami perkembangan yang cepat dan kompleks di era globalisasi ini. Selain itu, mahasiswa juga harus bisa aktif dan kritis dalam mengontrol berbagai aktivitas kampus agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Aksi yang berlangsung tertib tersebut, berhasil menyampaikan pesan penting tentang peran mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai agen of change. Pesan tersebut juga diterima dengan baik oleh mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat.

Selain menyampaikan pesan kepada pada Maba, aksi tersebut juga menjadi tempat bagi PMII untuk menunjukkan citra organisasi mereka sebagai kelompok eksternal yang konsisten dalam berbuat baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan kampus dan masyarakat luas. Organisasi ini juga menegaskan komitmen mereka untuk terus berperan aktif dalam mendukung mahasiswa dalam menjalankan peran strategis mereka di kampus dan masyarakat.

Sebagai penutup, PMII menyatakan bahwa aksi tersebut bukan hanya sekedar simbolis belaka, tetapi juga sebagai langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh peran dan tanggung jawab mereka sebagai bagian dari generasi penerus bangsa yang akan memimpin masa depan.

Penulis            : Putri Dam'un dan Taqia Ilmi Zakia

Editor              : Puguh Prastiyo Hutomo




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline