Lihat ke Halaman Asli

MMD 562 klatakan

Mahasiswa MMD Universitas Brawijaya Kelompok 562

Mahasiswa MMD 562 Universitas Brawijaya Tingkatkan Layanan Belajar SDN 2 Klatakan Melalui IPusnas

Diperbarui: 24 Agustus 2023   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1: Dokumentasi Sosialisasi IPusnas SD Negeri 2 Klatakan/Dokumentasi Penulis

Pada bulan Juli 2023, kelompok 562 Mahasiswa Membangun 1000 Desa Universitas Brawijaya yang ditempatkan di Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur melakukan pengabdian salah satunya pada bidang pendidikan dimana sasarannya adalah siswa SD Negeri 2 Klatakan. Menurut Bapak Supatono Spd. Mpd selaku kepala sekolah SD Negeri 2 Klatakan, SD ini merupakan salah satu SD di Desa Klatakan dengan keunggulan pada sarana prasarana ekstrakurikuler, dimana terdapat banyak aktivitas lomba baik pada ekstrakurikuler maupun teknologi. Dipilihnya SD tersebut dikarenakan kami menemukan potensi yang dapat dikembangkan yaitu pada bidang teknologi informasi, dikarenakan terdapat ruang belajar TIK (Teknologi Informasi Komputer) yang mulai dimanfaatkan untuk pengembangan pengetahuan teknologi siswa.

Setelah dilakukan penggalian informasi, ternyata penggunaan ruang tersebut hanya ditujukan bagi kelas 5 hingga 6 saja , dimana pemanfaatan hanya sebatas pada pengerjaan soal-soal online Ujian Nasional, hal ini tentunya cukup disayangkan melihat penyediaan ruang belajar komputer yang sudah sangat baik namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Bapak Supatono Spd. Mpd, beliau menuturkan bahwa "SD ini sebetulnya menjadi salah satu SD dengan kualitas ruang TIK yang baik, bahkan sampai dimanfaatkan oleh para petugas puskesmas desa, sebelumya sudah ada program pengenalan IPusnas untuk para siswa, namun belum sempat dijalankan". Oleh karena itu, kami berinisiatif melakukan pemanfaatan komputer sekolah melalui pengenalan IPusnas (Internet Perpustakaan Nasional) kepada siswa, program kerja ini dibuat karena melihat minat baca siswa yang dirasa masih minim serta keinginan kami untuk melanjutkan program sekolah serta mengenalkan siswa kepada manfaat internet secara meluas.

Gambar 2 : Dokumentasi Proses Sosialisasi dan Pendampingan Penggunaan IPusnas/Dokumentasi Penulis

Kegiatan pendampingan dan pengajaran IPusnas berlangsung dengan baik. Dimulai dari pengenalan internet secara umum, pengenalan IPusnas hingga pendampingan penggunaan aplikasi IPusnas. Ketika proses pendampingan, meskipun masih banyak siswa yang belum terbiasa mengoperasikan komputer namun, para siswa belajar dengan cepat.  Dengan dilakukannya program ini, kami memiliki harapan agar sejak dini siswa mengetahui manfaat internet sebagai alat pengembangan ilmu pengetahuan, sehingga internet memiliki dampak baik bagi penerus. Kami juga berharap dapat membantu pelaksanaan belajar mengajar pada SD Negeri 2 Klatakan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline