Lihat ke Halaman Asli

Edy Utomo

Swasta

Tantangan Agen Asuransi di Era "Online"

Diperbarui: 26 Desember 2019   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Perkembangan teknologi yang demikian pesat memang memberikan pengaruh yang besar di semua sektor, terutama bisnis. Agaknya kondisi inilah yang harus menjadi perhatian buat teman - teman yang berprofesi sebagai tenaga pemasar produk asuransi atau agen asuransi.

Serba instan dan serba online sudah menjadi gaya hidup masyarakat kita sehari - hari, berbagai kebutuhan hidup tidak jarang dibeli secara online. Perilaku konsumen inilah yang dipelajari oleh mereka pelaku bisnis online, sehingga dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan produknya. Dengan berpikir cerdas, peluang ini juga bisa dimanfaatkan oleh para agen asuransi.

Mungkin teman - teman agen tidak pernah menyangka, kebutuhan masyarakat akan produk asuransi begitu besar, ada jutaan prospek mengakses internet setiap harinya untuk mencari informasi terkait dengan kebutuhan proteksi mereka. Hal ini bisa diketahui dengan cara melakukan riset pasar secara online.

Saat ini agen asuransi yang memasuki pasar online terbilang jumlahnya masih kecil sekali, jadi tak heran ada agen yang berhasil mendapatkan nasabah setiap hari, hanya dengan bekerja dari rumah.

PENTINGNYA NGEBLOG BUAT AGEN

Untuk dapat memanfaatkan potensi pasar asuransi online, seorang agen asuransi memang harus memiliki blog sebagai modal awalnya. Tentu ini bukan menjadi halangan yang serius, karena saat ini untuk membuat blog sangat mudah sekali ... walaupun masih pemula sekalipun. Hanya dengan akun Google / gmail kita sudah bisa membuat blog gratis berbasis blogger / blogspot.

Dalam hal pemasaran produk asuransi secara online, blog adalah sebuah kebutuhan. Dengan sarana blog, kita bisa mengedukasi pengunjung blog yang sebenarnya adalah calon nasabah. Dengan blog, teknik internet marketing akan bekerja. Sistem akan  mengelola prospek sehingga mengkonversi traffic pengunjung menjadi penjualan.

Sistem penjualan asuransi secara online lebih efektif karena dengan cara ini, prospek tertarget secara otomatis sehingga kita tidak perlu keliling kota untuk mencari prospek ... yang tentunya sangat melelahkan.

Masih banyak juga mereka yang menempuh cara sia - sia, memposting promosi produk asuransi di medsos, dengan harapan akan lebih cepat mendapatkan nasabah, karena dipikir media sosial adalah tempat berkumpulnya banyak orang. Tentu cara ini tidak akan efektif karena pada umumnya orang tidak akan mau melihat promosi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline