Lihat ke Halaman Asli

Makna Lukisan Tersirat

Diperbarui: 8 September 2022   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://mengenangradensaleh.wordpress.com

B23-5032201010-FitriaNurAidah 

   Lukisan Raden Saleh merupakan lukisan termahal, karena memiliki makna tersirat atau peristiwa di dalam lukisannya. Lukisan tersebut menunjukkan penangkapan Pangeran Diponegoro pada Tahun 1857. 

   " Tak gentar ia menyuarakan isi hati, tak ciut pula nyalinya berdiri dibara kebenaran. Mimik wajahnya berisyarat mengenai keyakinan. Memancarkan jiwa patriotis yang tak kunjung padam. Tegap badannya berjuang, menentang, dan sesekali menerjang. Sorbannya merah menyala, putih suci. Sebuah bukti nasionalisme yang tak mati". Prolog tersebut adalah gambaran fakta perjuangan Raden Saleh yang terekam pada lukisan penangkapan Pangeran Diponegoro yang ia lukis sendiri. 

   Lukisan karya Raden Saleh sangat menginspirasi banyak orang untuk berjuang membela Bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan dengan membuat suatu karya yang sangat berguna dan memiliki peristiwa penting dibalik lukisan tersebut. Raden Saleh adalah seorang pahlawan yang berkorban dengan karyanya. Suatu pengorbanan untuk bangsa tidak hanya ikut berperang, tetapi banyak cara untuk berjuang. 

   Raden Saleh sangat menginspirasi kita untuk terus meningkatkan potensi diri, terus berjuang sesuai kemampuan dan keahliannya masing-masing, berani dalam kebenaran, hadapi dengan penuh keyakinan, percaya diri, dan yakini bahwa diri kita mampu dan berpotensi. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline