Lihat ke Halaman Asli

Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Gurukah? atau Uji Kesabaran Guru?

Diperbarui: 25 Juni 2015   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kabupaten Bekasi, Sabtu 25 Februari 2012. Uji Kompetensi Awal Sertifikasi guru serentak dilaksanakan secara nasional. Sebanyak 2.005 orang guru di Kabupaten Bekasi yang berhak mengikuti Uji kompetensi tersebut telah melalui tahap Verifikasi data format A0 (A nol) dan A1 (A satu), Pada tahap awal  verifikasi data format A0 terdaftar sebanyak 2.123 orang guru di Kabupaten Bekasi yang berhak mengajukan Sertifikasi dengan mengisi data format A1 (A satu) kemudian diseleksi yang akhirnya didapatkan sebanyak 2.005 orang guru berhak menerima format A1 yang diserahkan langsung pada Hari Rabu 22 Februari 2012.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal Guru ini dimaksudkan sebagai tahap seleksi lanjutan sebelum menuju PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). Uji Kompetensi di lingkungan Kabupaten Bekasi berlokasi di SMPN 1 Cikarang Utara, SMPN 5 Cikarang Utara, SMPN 3 Cikarang Utara, dan SMAN 1 Cikarang Utara.

Pelaksanaan Uji Kompetensi yang sedianya dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB (sesuai jadwal yang disampaikan oleh Panitia saat pengambilan berkas format A1) molor hingga pukul 13.00 WIB karena berkas soal belum ada, akibatnya Para guru peserta Uji Kompetensi dan Pengawas ruangan menjadi panik dan kebingungan bahkan stress dengan keadaan ini sehingga semangat membaca/belajar mereka menurun, beberapa guru terlibat obrolan yang serius, beberapa diantaranya saling melempar canda tawa ditambah desas-desus yang tak jelas sumbernya.

Seorang guru peserta Uji Kompetensi berinisial AA bahkan sudah hadir di SMPN 1 Cikarang Utara (Lokasi Ujian) pada pukul 06.30WIB dengan maksud agar punya waktu setengah jam untuk mempersiapkan diri.

"wah kalo tau begini ge' saya datangnya agak siangan dah..." ujarnya dengan logat Tambun yang kental.

"Wah kayaknya diundur nih hari ini" ujar yang lainnya

"Jangan diundur pak, tapi dinyatakan lulus aja semua, hehehe..." Canda yang lainnya.

"Eh saya dapat SMS nih pak, katanya ada dua Kabupaten yang belum menerima distribusi soal dari Propinsi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Depok" ujar seorang Guru PNS di salah satu SDN di Bulak Kapal Bekasi.

"Setiap periode Sertifikasi aturannya berubah-berubah terus, periode pertama, kedua, dan ketiga dengan Porto Folio terus PLPG bagi yang gak lulus, setelah PLPG baru dapat sertifikat kelulusan. Periode keempat, Porto Folio dan PLPG juga tapi setelah PLPG gak dijamin langsung lulus. Periode kelima tanpa Porto folio tapi pemberkasan A0 dan A1 terus langsung PLPG, Periode kita sekarang ini habis A0 dan A1 ada Uji Kompetensi baru PLPG, tahun depan tahu dah gimana..." Ujar temannya.

Pukul 10.00 WIB, Bel berbunyi dan para guru peserta ujian memasuki ruangan, lalu para pengawas Ruangan masuk tanpa berkas soal dan mengumumkan bahwa kehadirannya saat itu adalah hanya untuk menghibur guru peserta ujian dan menyampaikan berita bahwa soal belum ada sehingga diharapkan para peserta tenang dan bersabar.

"Berkas soal masih di SMAN 1, jadi bapak dan Ibu diharapkan tenang, sabar, santai, dan rilek dulu, bagi yang ingin sarapan atau ngopi dipersilahkan ke kantin, atau yang ingin sholat dhuha memohon doa Pada Allah SWT agar dimudahkan urusannya, silahkan saja...Shalat Dhuha itu baik dan sangat bermanfaat lho Bu..." Ujar seorang Pengawas salah satu ruangan di SMPN 1 tersebut  memberi saran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline