LEMBAGA PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN (LPIP)
KLIK DI SINI !!!... UNTUK MASUK KE WEBSITE BIMTEK LPIP
Kepada Yth,
Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Organisasi Perangkat Daerah, BUMN/BUMD, serta Kabag/Kabid, Ksubbag/Kasubbid, Bendahara dan Staf Lainnya.
Di - T empat
KLIK DI SINI UNTUK KE MATERI DESA, KECAMATAN DAN KELURAHAN
Dengan Hormat,
Bimtebingan Teknis bidang keuangan atau Bimtek Keuangan adalah serangkaian kegiatan atau bentuk Pelatihan, Sosialisasi, Workshop atau Seminar yang berhubungan dengan bidang keuangan, pengelolaan keuangan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pentausahaan sampai ke pengawasan keuangan.
Lembaga Pengembangan Ilmu Pengetahuan (LPIP) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop di beberapa Kota besar di seluruh Indonesia, Beberapa Materi Diklat ataupun Bimtek Keuangan dapat dipilih oleh para calon peserta, sbb :
- Bimtek Peran APIP Dalam Akuntabilitas Keuangan melalui Reviu dan Implementasi SPIP;
- Bimtek Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kebijakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019;
- Mendagri Sebut Dana Kelurahan Diatur dalam Undang-Undang Pemda;
- Bimtek Tentang Peran Inspektorat Awasi Pengaduan pada Organisasi Perangkat Daerah ( OPD );
- Bimtek Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik;
- Bimtek Mekanisme dan Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2018 Perubahan Ketiga dari Permendagri Nomor 32 Tahun 2011;
- Bimtek Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 69/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2019;
- Bimtek Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019;
- Bimtek Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah;
- Bimtek Keuangan Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005, Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 dan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011;
KLIK DI SINI !!!... UMTUK MASUK KE MATERI BIMTEK KEUANGAN
- Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Aset Daerah Berbasis Aplikasi E.SIPKD, E.REPORTING dan E.SIAP/BMD;
- Bimtek Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan Versi 2.7 berbasis Akrual di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD);
- Bimtek Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018;
- Bimtek Implementasi PerMENPAN RB Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah;
- Bimtek Teknik Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berdasarkan PerMENPAN RB Nomor 53 Tahun 2014;
- Bimtek Implementasi Transakasi Non Tunai dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah;
- Bimtek Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD);
- Bimtek Meknisme Penyusunan Laporan Keuangan (Wajar Tanpa Pengecualian) serta Pengelolaan Kas OPD sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan PP Nomor 71 Tahun 2010;
- Bimtek Tentang Aspek Akuntansi dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa;
- Bimtek Bantuan Keuangan kepada Partai Politik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018;
- Bimtek Implementasi Perpres Nomor 10 Tahun 2015 tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/ Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2015 dan Mekanisme Pengalokasian Anggaran Transfer ke Daerah sesuai dengan PMK Nomor 165 Tahun 2014;
- Bimtek Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Perjalanan Dinas Berdasarkan Permendagri Nomor 16 Tahun 2013;
- Bimtek Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah sesuai PP Nomor 10 THN 2011 Serta Mekanisme Pengelolaan Hibah sesuai PMK Nomor 191/PMK.05/2011;
- Bimtek Strategi Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah Daerah;
- Bimtek Perencanaan, Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah Sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan Permendagri Nomor 55 Tahun 2008;
- Bimtek Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2018 sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 108/PMK.02/2018 perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 11/PMK.02/2018;
- Bimtek Pedoman Umum Penyusunan APBD TA 2019 serta Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD;
- Bimtek Sistem Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA), PPTK, PPK Dan Bendahara;
- Bimtek Standar Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan;
- Bimtek Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
KLIK DI SINI !!! MASUK KE MATERI BIMTEK KEUANGAN
- Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan OPD;
- Bimtek Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah;
- Bimtek Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah;
- Bimtek Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah sebagai wujud untuk mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK;
- Bimtek Implementasi Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemda;
- Bimtek Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja;
- Bimtek Peningkatan Kinerja Aparatur Pengelola Keuangan Daerah dalam rangka Mewujudkan Laporan Keuangan yang Berkualitas guna memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP);
- Bimtek Reviu Laporan Keuangan Daerah Sesuai Dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2008;
- Bimtek Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN);
- Bimtek Implementasi Permenkeu Nomor 57 Tahun 2015 Perubahan Atas Permenkeu Nomor 53 Tahun 2014 dan Pengaruhnya terhadap Pelaksanaan Perjalanan Dinas Daerah;
- Bimtek Sistem dan Prosedur Kerja Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran;
- Bimtek Penajaman Penyusunan LAKIP, RENSTRA, RKA, DPA, Anggaran Kas serta Penetapan KUA-PPAS dan Sistem dan Prosedur Kerja Bendahara;
- Bimtek Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja OPD dan RKPD;
- Bimtek Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah Sebagai Wujud Untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK;
- Bimtek Penyusunan Anggaran, Penatausahaan Keuangan dan Perbendaharaan Keuangan Daerah Berdasarkan Permendagri 52/2015, Permendagri 55/2008 dan Permendagri 21/2011;
- Bimtek Penatausahaan Keuangan Daerah dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban PA, PPK, PPTK dan Bendahara.
- Bimtek Mekanisme Penatausahaan Pertanggungjawaban APBD Bagi Bebdahara OPD Serta Prosedur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Di Lingkungan Pemda Berdasarkan Permendagri 55/2008, 21/2011, PP 71/2010 dan Permendagri 64/2014.
- Bimtek Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK ( TLRHP BPK ).
- Bimtek Teknis dan Prosedur Akuntansi Penerimaan & Pengeluaran serta Mekanisme Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan OPD Meuju Opini WTP sesuai PP 71/2010 & Permendagri 21/2011.
- Bimtek Kesiapan Pemda Menghadapi Audit Atas Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban APBD.
BIMTEK KEUANGAN
- Bimtek Manajemen Keuangan Puskemas Bagi Staf Puskesmas Provinsi, Kabupaten dan Kota;
- Bimtek Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum (BLU) dan Badan layanan Umum Daerah (BLUD).
Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pejabat pemerintah daerah, maka Lembaga Pengembangan Ilmu Pengetahuan (LPIP), menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis atau Bimtek Keuangan dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Koordiansi Penanaman Modal, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri danIPDN serta dari UNIVERSITAS.