Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Nowaf

KKN MIT Ke-18 Tematik Posko 87 Desa Purwokerto Kec.Brangsong Kab.Kendal

Pengalaman Berkesan KKN MIT-18 UIN Walisongo Posko 87: Mengikuti Tradisi Rutinan Selametan Malam Jumat Kliwon di Desa Purwokerto.

Diperbarui: 20 Juli 2024   12:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mushola Al-Muttaqin

Purwokerto, 12 Juli 2024 - Malam Kamis, 11 Juli 2024, menjadi kenangan indah bagi para mahasiswa KKN MIT-18 UIN Walisongo Posko 87. Di malam yang bertepatan dengan Malam Jumat Kliwon, mereka berkesempatan untuk menyelami tradisi unik dan penuh makna di Desa Purwokerto.

Jumat Kliwon, sebuah hari dalam penanggalan Jawa, memiliki arti dan tradisi khusus bagi masyarakat Desa Purwokerto. Pada Juli 2024, momen istimewa ini hanya datang sekali, yaitu pada tanggal 11 Juli yang bertepatan dengan Hari Kamis Wage.

Semangat untuk mempelajari budaya lokal mendorong Kelompok KKN MIT-18 Posko 87 untuk mengikuti tradisi rutinan selametan kliwonan. Acara ini dilaksanakan di 3 tempat berbeda, yaitu:

1. Mushola Al-Muttaqin

Acara tersebuh dipimpin oleh Pak Kyai, Muhammad Taufik (modin desa) dan Pak Masrur (Perangkat desa), acara dimulai ba'da sholat Isya' dan dihadiri oleh masyarakat sekitar mushola.

2. Lokasi Bidan Khosiah 

Bu Bidan Khosiah

Dimulai pukul 21.00 WIB, acara ini dipimpin oleh Pak Kyai Turmudzi, Pak Subuh, dan Nur Hadi, dan dihadiri oleh masyarakat sekitar.

3. Dusun Kedinding

Dusun Dinding Ds.Purwokerto

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline