Lihat ke Halaman Asli

4 AMALA HAKIM

Mahasiswa

Sosialisasi dan Bermain Bersama, Upaya Melestarikan Permainan Tradisional

Diperbarui: 5 Desember 2023   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

salah satu permainan tradisional tikus kucing (dokpri)

Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak Desa Talang Agung Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Pengabdian ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian permainan tradisional sebagai salah satu kebudayaan lokal yang semakin menurun eksistensinya. Kegiatan ini dilakukan dua kali pada hari Minggu tepatnya tanggal 5 November 2023 dan 11 November 2023.  

Pada pelaksanaan pengabdian pertama, terbagi menjadi dua sesi kegiatan yaitu sosialisasi dan bermain bersama. Sosialisasi dilakukan dengan pemberian materi kepada anak-anak mengenai contoh, teknik dan pentingnya melestarikan permainan tradisional. Sedangkan kegiatan bermaian bersama merupakan strategi panitia agar anak-anak dapat lebih memahami materi yang diberikan pada sesi sosialisasi. Kegiatan bermain bersama pada pengabdian pertama melibatkan satu permainan tradisional yaitu Gobak Sodor sedangkan pada pelaksanaan pengabdian kedua terdapat dua permainan tradisional yaitu betengan dan tikus kucing. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 08.00 WIB - 10.00 WIB bertemat di sebuah lahan kosong milik warga. Untuk memeriahkan kegiatan ini panitia menyiapkan sound system untuk mengiringi anak-anak yang sedang bermain, karena itulah masyarakat lain juga terut tertarik menyaksikan kegiatan ini. Pelaksanaan pengabdian ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat, sasaran kegiatan dan masyarakat sekitar. Jumlah partisipan anak-anak mencapai 20 anak dengan kisaran umur 7-13 yang duduk di jenjang sekolah SD dan SMP.

Setelah pelaksanaan kegiatan ini harapanya permainan yang telah diajarkan dapat terus dimainkan oleh anak-anak sehingga dapat mengurangi kecenderungan anak bermain Handphone sekaligus melestarikan kebudayaan lokal. Selain itu kegiatan pengabdian ini termasuk dalam Tri Dharma perguruan tinggi sehingga kami berharap mahasiswa sebagai agen of change mampu memprakarsai kegiatan-kegiatan serupa agar dapat berdampak terhadap kemajuan masyarakat. Salam Cakrawala!!

mahasiswa pendidikan ips dengan anak-anak Desa Talangagung,Kec Kepanjen, Kab Malang (dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline