Lihat ke Halaman Asli

Kisah Ibu Yayu Seorang Ibu Inspiratif sebagai Guru PAUD

Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

Apabila kita menjadi orang tua, tentunya kita pasti memiliki keinginan untuk memasukkan anak kita ke pendidikan paling dasar yaitu PAUD yang memiliki kualitas dan pembelajaran yang bagus dan terpercaya. 

Seperti yang kita ketahui bahwasanya pendidikan dasar anak dalam PAUD sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan anak kedepannya, baik itu bagaimana anak berperilaku di lingkungan sekitar, bagaimana pola pikir anak, sifat anak, dan masih banyak lagi aspek-aspek anak yang bisa dibentuk oleh PAUD.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan paling dasar sebelum pendidikan formal yang dimana pada tahap ini penting sekali untuk membentuk bagaimana perkembangan anak untuk ke depannya.

Walaupun PAUD Mekar Arum bukan resmi dari pemerintah, tetapi PAUD Mekar Arum dibangun berdasarkan hati nurani seorang ibu yang bernama Ibu Yayu dan ketiga temannya.

"Sebenarnya ibu tidak punya basic mengajar dan waktu kuliah pun ibu bukan berasal dari jurusan yang memfokuskan ke pendidikan apalagi PAUD, tetapi ibu belajar sendiri baca-baca buku tentang anak dan PAUD, dan kebetulan suami juga bekerja di kelurahan jadi mengenal masyarakat lebih sehingga suami mendukung", ujar Ibu Yayu (4 Agustus 2022).

dokpri

Dari sini terlihat bahwas hati nurani seorang ibu ingin bermanfaat bagi lingkungan sekitar terutama di Kelurahan Maleber RW 03, walaupun Ibu Yayu tidak dibekali dengan pengalaman mengajar dan mempunyai keahlian, tetapi beliau ingin tetap berusaha untuk bisa mengajar dan mendirikan PAUD Mekar Arum.

Maka dari itu kami Kelompok 43 KKN Universitas Pendidikan Indonesia ingin membantu turut andil dalam membentuk perkembangan anak sedari dini. Kami melakukan kegiatan belajar mengajar membantu guru-guru di PAUD Cendrawasih dan PAUD Mekar Arum pada Kelurahan Maleber Kecamatan Andir Kota Bandung. 

Pengalaman yang sangat menarik untuk kami sebagai mahasiswa karena dapat mengimplementasikan Tri Dharma perguruan tinggi yang dimana salah satunya yaitu Pengabdian Pada Masyarakat. Bagi pihak guru-gurunya pun merasa sangat senang karena dibantu oleh kami dan anak-anaknya pun senang menyambut kami dengan antusias yang tinggi.

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline