Lihat ke Halaman Asli

Ire Rosana Ullail

TERVERIFIKASI

irero

Corona yang Semakin Meluas dan Barisan Masyarakat yang Keras Kepala

Diperbarui: 16 Maret 2020   09:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

COVID- 19 benar sudah merebut perhatian media berita kita. Hampir setiap hari setiap stasiun TV dan koran digital mengeluarkan berita terkait virus COVID- 19 alias si corona.

Lucunya, masyarakat di sekitar tempat tinggal saya baik Jakarta maupun Depok, masih santai-santai saja. Tak ada yang membicarakan, tak ada yang memakai masker pula tak ada tanda-tanda pencegahan yang dilakukan.

Bahkan setelah Jokowi mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa ada 2 WNI yang tinggal di Indonesia terjangkit corona  dan keduanya adalah warga Depok pada 2 Maret lalu, masyarakat Depok masih terlihat biasa saja, sebatas ya sudah tahu saja.

Sehari setelahnya, saya pergi ke salah satu Lab dan lanjut ke mall, memang terlihat beberapa muda mudi memakai masker, tapi lebih banyak yang tidak. Sementara di sisi lain seluruh stasiun TV memberitakan perkembangan dan panic buying di beberapa tempat pasca deklarasi. Saya jadi merasa tinggal di 2 planet yang berbeda ketika keluar rumah dengan ketika menonton TV.

Data terbaru kompas.com menyebut jumlah korban terinveksi sampai dengan kemarin (15/3) adalah sebanyak 117 korban dengan jumlah korban meninggal sebanyak 5 orang. Terjadi peningkatan tajam sedari diumumkan 2 minggu sebelumnya. 

Jokowi sendiri sudah memberi himbauan agar warga sementara ini melakukan aktivitas seperti belajar, bekerja dan beribadah di rumah. Beberapa daerah juga telah mengambil langkah pencegahan sebagaimana dengan detail sebagai berikut klik

kepanikan yang terjadi rupanya tidak merata masuk ke telinga setiap orang. Minggu pagi kemarin misalnya, saya ke pasar pagi dadakan di daerah Depok. Dari banyaknya orang lalu lalang, hanya beberapa gelintir pemudi yang memakai masker, selebihnya tidak. 

Kondisi semacam itu menimbulkan rasa tidak enak bagi saya yang memakai masker. Seorang pria menolah dan berkata "owh, korona" setelah melihat saya, lalu kembali asyik menyantap ketupat sayur miliknya. 

Celetuk seperti "kamu nggak pakek masker?" oleh seorang pria kepada temannya dengan nada mengejek pernah juga saya dengar ketika tengah berobat di suatu klinik. Tentulah orang tersebut mengejek karena si pria itu sendiri tidak pakai masker. 

Misal kita menolak tetangga atau teman yang mengajak bepergian karena ingin mengisolasi diri nantinya malah diolok-olok, dibilangnya kita berlebihan. 

Belum lagi soal salam-salaman. Meski Ridwan Kamil sudah menghimbau untuk menghindari salaman, cipika cipiki dan menggantinya dengan posisi seperti "maaf lahir batin" namun hal itu sedikit sulit diterapkan kepada keluarga. Misal seorang anak yg kerap mencium tangan kedua orang tuanya, paman, bibi, kakek nenek dan orang yang lebih tua dan dihormati. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline