Lihat ke Halaman Asli

Tanto arifin

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Unnes GIAT 6 Mendampingi UMKM Kerajinan Tompo dalam Pemanfaatan Digital Marketing Melalui Facebook Ads

Diperbarui: 20 November 2023   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi

BOYOLALI 15/11/2023. Kehadiran platform Facebook Ads  saat ini dinilai sangat cocok dalam membantu mengembangkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah UMKM. dengan adanya fitur yang mudah digunakan menjadikan facebook Ads ,sebagi Platform ecomerce semua kalangan.

Salah satu kerajinan tangan dari anyaman bambu yang ada di desa Karangkepoh adalah tompo. Tompo adalah perabotan rumah tangga pada zaman dahulu. Tompo ini bisa juga disebut sebagai kerajinan tangan karena cara pembuatannyamenggunakan keahlian tangan. bahan yang digunakan adalah bambu yang sudah dibelah tipis-tipis lalu dianyam dan dirangkai. tompo ini banyak dijumpai di pasar tradisioanl . tidak sedikit orang jawa masih menggunakannya  pada zaman yang sudah modern ini. Tompo ini digunakan sebagai tempat beras atau bahan-bahan makanan didapur.

Di desa Karangkepoh  sendiri terdapat beberapa pengrajin tompo. Salah satunya adalah Mbah Mukiyem (65 th), seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di RT 02 RW 01 Dusun Gununsari Desa Karangkepoh . Dalam sehari beliau memproduksi minimal empat tompo. Harga hasil produksinya bervariasi dari Rp. 3000,- s/d 5.000,- tergantung dari ukuran tompo tersebut.

dok pribadi

Dalam pemasaranya beliau menjual sendiri ke pasar  Karanggede, dengan membawa kurang lebih 10 -15 tompo. Selain memproduksi sendiri mbah mukiyem juga menjadi pengempul dari beberapa pengerajin anyaman Tompo. jarak yang begitu jauh membuat Mbah mukiyem harus menyewa ojek untuk mengantarkan ke pasar.

Kami berinisiatif  membantu pelatihan Digital Marketing dengan dor to dor langsung ke rumah Mbah Mukiyem . digital Marketing yang kami arahkan yaitu  Facebook Ads . dengan adanya fitur Marketplace serta penggunaanya yang  mudah, kami yakin bisa membantu pelaku UMKM dalam memasarkan Produknya di Facebook Ads.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM Kerajinan Tompo di Desa Karangkepoh  dapat terus bisa melakukan perkembangan secara digital untuk meningkatkan branding dan target pasar yang semakin luas. Program ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Karangkepoh untuk mendukung perekonomian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline