Lihat ke Halaman Asli

Zhillan Zholiila

Mahasiswa Pendidikan Tata Busana UPI

KKN Tematik UPI 2021: Mendampingi Kegiatan Literasi Baca dan Tulis yang Menyenangkan untuk Tingkat TK

Diperbarui: 28 September 2021   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Literasi yaitu kecakapan seseorang dalam membaca dan menulis. Pengembangan dari literasi saat ini dapat berupa keahlian menganalisa dan menerima informasi dengan bijak melalui berbagai media (Sadli dan Saadati, 2019). Media merupakan sarana ataupun perangkat sebagai penghubung ataupun pelantara penyampaian pesan. Media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai perantara penyampaian informasi terkait pembelajaran kepada siswa dari seorang guru. 

Media pembelajaran digunakan sebagai media literasi bagi siswa, karena melalui media pembelajaran siswa didorong untuk lebih fokus dan pembelajaran dapat dengan mudah tersampaikan. Media pembelajaran merupakan perangkat penting yang perlu disusun dan disesuaikan dengan kondisi sekolah dan peserta didik. Media pembelajaran harus bersifat fleksibel dan dapat digunakan pada jenjang pendidikan yang berbeda-beda, dalam hal ini guru senantiasa memberikan sebuah solusi pada pembelajaran berupa penyusunan media dan model pembelajaran yang baik untuk digunakan di jenjang tertentu.

Pembelajaran merupakan sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik yang bertujuan guna memunculkan hasil pembelajaran. Pendidikan merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sepanjang masa. Pendidikan dini merupakan pendidikan yang dilaksanakan sejak umur empat tahun hingga enam tahun. Pelaksanaan pendidikan dini berbeda dengan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi karena pada pendidikan dini anak cenderung dibimbing belajar sambil bermain. 

Pengelolaan pendidikan dini dapat dilakukan dengan pembuatan media yang unik. Penggunaan canva pada pembuatan media merupakan solusi terbaik karena platfom ini menampilkan berbagai template dengan desain yang unik. Penerapan gambar dan berbagai warna dapat merangsang kerja otak anak dan tetap dalam nuansa bermain. pembuatan media pembelajaran ini di desain secara unik serta penyampaian pesan yang tetap terkandung didalamnya seperti pengenalan huruf, hewan, bagaian-bagian rumah dan pengejaan huruf alpabet. 

Mengacu pada hal tersebut pembelajaran yang baik selain pada pembuatan media yang unik pengelolaan kelas yang baik juga menjadi sebuah pertimbangan pada pembelajaran kelas. Pengelolaan pendidikan dini di Taman Kanak-Kanak dilakukan secara menyenangkan dengan model pengelolaan bermain sambil belajar. 

Terkait hal tersebut, adapun penelitian yang mengungkapkan bahwa perguruan tinggi pada  dasarnya harus dapat mengoptimalisasi budaya literasi agar mahasiswa dapat ikut berperan aktif dalam menerapkan budaya membaca dan menulis di lingkungan sekitar sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas bangsa (Syahriani, 2010). Sehingga melalui program KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik UPI 2021 dengan Tema Literasi dan Rekognisi, kegiatan pendampingan literasi yang dilaksanakan pada salah satu Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bogor merupakan salah satu bentuk program dalam rangka berperan aktif untuk meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Kegiatan literasi tersebut terdiri dari kegiatan membaca dan menulis tingkat PAUD melalui google clasroom. Pada penerapan literasi baik membaca dan menulis yang dibuat dan didesain menggunakan aplikasi canva, yang umumnya berisikan membaca tingkat Taman Kanak-Kanak dengan kalimat yang sederhana seperti "kupu-kupu".

Selain pelaksanaan kegiatan literasi membaca dan menulis, adapun diadakannya kegiatan tambahan yang besifat menyenangkan untuk dapat membangkitkan motivasi siswa seperti kegiatan bermain, bercerita (story telling), hingga kegiatan senam jarak jauh melalui aplikasi Virtual Meeting atau Zoom.

Pembiasaan kegiatan literasi ini diharapkan mampu untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan minat baca tulis untuk siswa dari usia dini. Sehingga dalam rangka melaksanakan kegiatan KKN, mahasiswa dapat ikut berkontribusi dalam menyamai budaya literasi baca tulis di lingkungan sekitar sebagai bentuk upaya mencerdaskan generasi penerus bangsa. 

Referensi :

Rohim, Dhina Cahya. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 6 (3). http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Sadli, Muhammad dan Baiq Arnika Saadati. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 6 (2), Hal. 151-164. http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline