Pembelajaran adalah kondisi dimana guru membimbing, mengarahkan, menyalurkan ilmu kepada murid dengan melalui lisan maupun tulisan yang terjadi di dalam kelas(indoor) maupun outdoor (luar kelas) .
Metode pembelajaran adalah cara pemilihan yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran nampak lebih menarik ,kreatif , inovatif dan pastinya tidak membosankan.
Salah satu pelajaran yang ditakuti oleh para siswa mayoritas nya adalah mata pelajaran bahasa Inggris , karena dinilai sangat sulit saat mengucapkan kosa kata(pronuncation) nya maupun kalimat nya,Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang dpakai di seluruh dunia bahkan di Indonesia pun terkadang bahasa Inggris dipakai ketika ada orang dari luar(bule) yang datang ke Indonesia entah tujuan wisata entah tujuan mengamati ,dan mengenal budaya Indonesia pastilah disitu kita menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi nya , tetapi Bahasa Inggris adalah bahasa yang perlu di ajarkan dan sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan dan penyerapan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni budaya serta pengembangan hubungan antar bangsa,bahasa Inggris penting karena untuk menambah dan mengasah softskill pada siswa agar dia bisa memahami cara speaking dengan baik dan benar ,listening,maupun writing nah maka dari itu Bahasa Inggris is very important karena saya rasa dengan kita belajar bahasa asing (Inggris) maka pastilah kita akan mendapatkan banyak relasi banyak pengalaman dan banyak pengetahuan bahkan bisa digunakan untuk mendapat beasiswa ke Luar negeri misalnya di Oxford university ,disitu pastilah akan dites TOEFL kita ,bahasa Inggris juga sangat diperlukan untuk melamar pekerjaan agar posisi nya lebih baik.
Nah maka dari itu sebagai guru perlu lah membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menarik ,menyenangkan dan tidak monoton sehingga guru perlu menciptakan inovasi baru dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing,metode role playing adalah cara penguasaan pelajaran melalui bermain tapi terdapat aturan yaitu dengan pengembangan imajinasi atau bayangan yang dilakukan siswa seolah olah dia sedang memerankan diri sebagai tokoh hidup atau benda mati, permainan ini biasanya dilakukan oleh satu orang atau lebih atau bisa beberapa orang tetapi tergantung materi dan peran ,metode ini melibatkan emosional siswa , kreativitas siswa ,ketanggapan siswa dan pengamatan Indra terhadap sesuatu.siswa disini berperan sebagi subjek yang aktif dalam melakukan praktik bahasa Inggris saling tanya jawab bersama temannya.role playing juga bisa dilakukan dengan berkelompok dengan mempraktikkan ,
menampilkan hasil dari rancangan yang telah disiapkan oleh guru ,disini siswa bebas berekspresi, berimprovisasi, berkarya tetapi tetap dalam rancangan guru tidak boleh keluar dari materi yang sudah ada.bermain role playing juga bisa diarahkan untuk mengkreasikan peristiwa sejarah , peristiwa aktual peristiwa yang akan datang .metode ini adalah metode unik , efektif, efisien.
Kurikulum di Negara Indonesia memberlakukan untuk mempelajari Narrative Text, Recount Text, Exposition Text dan sebagainya.biasanya mata pelajaran ini bisa ditemui dan diajarkan pada anak SMA, Madrasah Aliyah maupun SMK
Nah dengan menerapkan metode role playing pada Narrative Text akan lebih baik dan interaktif .
Narrative Text adalah suatu jenis teks dalam bahasa Inggris yang menceritakan cerita yang memiliki rangkaian peristiwa, kronologis yang saling berhubungan (relate) yang biasanya menceritakan tentang khayalan , dongeng ataupun kisah nyata yang di lebihkan.
Metode ini sangat cocok di terapkan dalam sekolah SMA karena juga berhubungan dengan materi Narrative Text jika menerapkan metode ini sepertinya para siswa dan siswi akan lebih bersemangat , antusias untuk belajar dan mengerjakan tugas karena cenderung sangat menghibur ,jadi disini bermain sambil belajar yang mana otak akan lebih mudah menyerap materi karena cara penyampaian informasi dengan menggabungkan dua metode yang dulunya dengan ceramah sekarang dengan metode role playing,metode ini akan lebih mengasah keaktifan siswa , interaksi siswa kepada guru maupun siswa lainya, sehingga siswa termotivasi untuk mencari beberapa sumber atau referensi melalui internet ataupun buku buku bahasa Inggris yang isinya memuat Narrative Text ,
dengan metode belajar seperti ini setelah di evaluasi di temui beberapa siswa yang nilainya , prestasinya lebih meningkat yang dulunya mendapatkan nilai dibawah KKM sekarang mendapat nilai diatas rata rata KKM ,bahkan kemampuan bahasa Inggris nya sangat lancar (fluently) dalam kegiatan speaking nya , maupun writing saat membacakan Narrative Text .hal ini ternyata sangat meningkatkan pemahaman siswa dan lebih terorganisir ,lebih efektif disini guru memberikan contoh Narrative Text atupun tugas kelompok yang berupa worksheet atupun game board yang isinya berupa percakapan ataupun teks yang bisa mengasah kekompakan siswa maupun cara speaking yang benar karena disini dibentuk 2-4 orang perkelompok yang diperintahkan untuk melakukan diskusi bersama menampilkan hasil nya.
Dari uraian tersebut maka didalam suatu pembelajaran harus ada terobosan baru(inovasi) model maupun strategi pembelajaran salah satu diantaranya yaitu metode Role Playing dalam Bentuk Narrative Text.Semoga dengan metode ini diharapkan Murid di Indonesia lebih meningkat lagi prestasi , semangat dalam belajar sehingga mampu menciptakan bangsa yang berwawasan luas yang mampu bersaing melalui metode ini dan pemahaman bahasa Inggris di masa depan mendatang.