Lihat ke Halaman Asli

KKN 16 UNUSA 2024

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

Demonstrasi Pembuatan Lilin Aromatic dari Limbah Jelantah, Sharing Mengenai Pemasaran dan Pengeditan Canva

Diperbarui: 23 Agustus 2024   01:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demonstrasi Pembuatan Lilin Aromatic dari Limbah Jelantah

Halo Guys! Kami mahasiswa dari KKN UNUSA Kelompok 16 tahun 2024 di Desa Mojowuku, Kecamatan Kedamean, Gresik. Pada hari Kamis, 08 Agustus 2024 bertempat di Balai Desa Mojowuku. Kegiatan tersenut dilakukan pada pukul 08.00 WIB dan kami memfokuskan kegiatan ini untuk Ibu-Ibu PKK. Bagaimana sih berjalannya acara tersebut? Yuk kita simak penjelasan berikut: 

Pada Kegiatan ini kami mengawalinya dengan melakukan Demonstrasi pembuatan lilin aromatic. Tahap Pertama, jernihkan minyak jelantah dengan arang, kemudian diamkan selama 24 jam kemudian di saring. Kemudian campurkan palm wax dan aduk hingga merata. Larutkan minyak jelantah dan palm wax dengan api kecil, kemudian aduk terus hingga mencair. Kemudian Masukkan pewarna lilin, kemudian aduk hingga rata lalu tuangkan essensial oil. Ikat sumbu pada tusuk gigi agar posisi sumbu bisa berada di Tengah. Lalu tuangkan cairan lilin kedalam gelas yang yang telah di siapkan. Lalu diamkan selama 2-4 jam.

Pemanfaatan minyak jelantah menjadi bahan dasar pembuatan lilin aromaterapi merupakan salah satu langkah yang mudah dilakukan. Selain itu, lilin aromaterapi juga memiliki nilai ekonomis yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai alternatif tambahan penghasilan masyarakat. Tujuan program pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat desa mojowuku mengenai pengelolaan limbah dari minyak goreng atau minyak jelantah untuk dimanfaatkan sebagai lilin aromaterapi sehingga mencegah pencemaran lingkungan.

Pemasaran digital menjadi lebih populer daripada pemasaran konvensional dikarenakan keuntungan yang dimilikinya. Lebih lanjut, keuntungan dari pemasaran ini yakni memiliki komunikasi dua arah antara pembeli dan penjual. Dengan mengunggah konten dalam sosial media, semua yang melihat berkesempatan untuk berkomentar dan berbagi. Kemudian informasi akan tersebar lebih cepat. 

Di sisi lain, dalam menggeluti pemasaran digital, seseorang perlu menerapkan strategi pemasaran tepat sasaran dan maksimal. Dalam memasarkan lewat media sosial, konten yang diunggah harus menarik secara visual, menghibur, serta mengikuti perkembangan tren di sekitar. Jika memasarkan lewat surel, konten harus bersifat lebih spesifik dan kuat dalam menarik target pasar agar menerima tawaran pemasaran tersebut.

Bahwa pada era digital dengan pemanfaatan teknologi yang berkembang pesat, terutama pada aspek ekonomi yaitu usaha dan bisnis ini, memunculkan pesaing yang cukup tinggi. Oleh karenanya, diperlukan kegiatan promosi sebagai penunjang usaha agar pendapatan dapat bertahan dan meningkat. Untuk menunjang kegiatan promosi, diperlukan media yang kreatif dan inovatif agar dapat bersaing di pasaran yaitu dengan canva. Canva sebagai aplikasi desain grafis yang mudah dan cepat untuk digunakan serta menyediakan beragam templates secara gratis terbukti cukup efektif untuk dimanfaatan sebagai media promosi di era digital.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline