Lihat ke Halaman Asli

Trik & Taktik Mengajar (Trik: 1. Papan Memori)

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Bagaimana?

1.Tulis satu lusin atau lebih istilah teknis di papan tulis, yang diambil dari topic yang baru selesai atau topic yang sedang direvisi setelah beberapa waktu. Tetapi lebih baik, tulis istilah-istilah tersebut sebelumnya di transparansi OHP/Slide

2.Beri siswa satu menit untuk mengingat daftar.

3.Setelah waktu habis, hapus tulisan atau putar papannya atau matikan OHP/Slide

4.Siswa harus menulis sendiri bukan istilah tersebut, tetapi definisinya, dengan mengingat sebanyak yang mereka mampu, lagi-lagi dalam jarak waktu tertentu.

5.Kembali ke istilah tersebut dan bahas berbagai cara yang digunakan siswa untuk mendefinisikannya.

Aplikasi

·Dalam pelajaran apa pun dimana pengetahuan akan kosakata teknis atau spesialis diperlukan: Sains, Matematika, geografi, Bahasa Inggris, PJ – adakah subjek yang tidak termasuk disini?

·Dalam bahasa modern, permainan ini dapat digunakan untuk menerjemahkan kata atau frasa secara langsung.

·Dalam Matematika pecahan ekuivalen dapat digunakan. Seperempat dapat ditulis dua per delapan misalnya. Atau angka di tulis di papan dan siswa harus menulis penghitungan dengan jawabannya adalah angka yang ditulis.

Variasi

1.Minta siswa bekerja berpasangan, bukan individu.

2.Gunakan gambar atau diagram bukan kata-kata dalam “Papan Memori”. Contohnya, tempelkan flash card dalam bahasa modern, foto-foto dalam geografi, diagram alat-alat dalam sains, materi atau peralatan dalam teknologi. Atau tunjukkan gambar slide atau presentasi Power Point yang bergerak cepat di mana siswa tidak diperbolehkan mencatat apa pun selama itu.

3.Buat ini sebuah kegiatan kooperatif dengan menulis banyak benda untuk diingat dalam waktu pendek sehingga tidak memungkinkan seorangpun mengingat semuanya. Siswa bekerja dalam kelompok dan mengatur strategi mereka diawal agar dapat berhasil secara kolaboratif menyelesaikan tugas tersebut.

4.Gunakan kegiatan ini untuk mengajarkan pentingnya mengulang materi beberapa kali. Bayangkan anda menggunakan OHP. Tunjukkan istilah-istilah teknis selama di dalam kepala. Hidupkan OHP lagi selama satu menit. Matikan. Siswa mempunyai setengah menit untuk mengulang di kepala mereka lagi. Hidupkan untuk kali ketiga dan terakhir. Kemudian siswa diperbolehkan menuliskan definisinya. Bahas bagaimana memori mereka lebih jelas dan lebih lengkap setelah melihat yang ketiga kali dibandingkan dengan yang pertama. Hubungkan hal ini dengan kebutuhan akan revisi.

Sumber : Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas), Paul Ginnis. 2008




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline