Lihat ke Halaman Asli

Tri Sapta Mw

Menulis untuk menambah pengetahuan. Amunisi menulis adalah membaca.

Agar Sehat dan Fit Selama Ramadan

Diperbarui: 7 April 2023   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Seminggu puasa,  saya sakit. Kurang tidur, banyak aktivitas, makan  sembarangan, stress. kurang makan buah dan makanan berserat penyebabnya. Agar selalu sehat dan fit saat Ramadan perhatikan hal berikut:

1. Pola makan 

Saat sahur atau berbuka makanlah makan yang bergizi. Saat sahur hindari makanan berminyak. Bagus konsumsi makanan yang direbus dan dikukus. Makanlah makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur. Pada saat berbuka hindari makan gorengan yang berlebihan. Sesekali boleh. Kalau tiap hari, akhirnya akan menyumbat pembuluh darah. Bila terlanjur konsumsi minyak zaitun sangatlah dianjurkan. Makanan bersantan juga kurang baik. 

2. Aktivitas fisik
Walau puasa sebaiknya tetap berolah raga paling tidak jalan kaki selama 30 menit. Berjalan kaki aman untuk semua umur, termasuk lanjut usia. Bila seharian tidur, tentu otot kaku. aliran darah tidak lancar. Usahakan sholat tarawih  tiap hari agar badan tetap fit.

3. Mengaji

Membaca Al Quran tiap hari membuat tenang. Pikiran tenang dan nyaman akan berpengaruh pada badan

4. Tidur Cukup

Pelajari kebutuhan tubuh. Jangan paksa tubuh untuk tetap berjaga karena ingin mengejar amalan selama Ramadan. Ajari tubuh untuk menyesuaikan, kalau ingin mengurangi waktu tidur lakukan pelan-pelan. Jangan langsung tidur hanya 3 jam sehari, padahal sebelum Ramadan biasanya tidur 8 jam sehari.
Rasulullah tidak tidur setelah Subuh, setelah Ashar hingga Isya. Paling nyaman tidur setelah Tarawih, bangun sekitar  jam 02.00 apabila ingin mengejar tilawah.

5. Konsumsi vitamin
Kurma, madu dan buah-buahan segar sangatlah baik. Makan buah segar lebih baik dari pada konsumsi buah yang sudah di jus. 

6. Jaga pola pikir
Lakukan amal ibadah karena Allah, bukan mengejar pandangan orang lain. Ibadah yang dilakukan karena Allah akan lebih nyaman dilakukan.

Jangan lupa berdoa. Minta kekuatan, kesehatan baik jasmani maupun mental pada Allah, agar  dimudahkan melakukan ibadah selama bulan Ramadan
 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline