Lihat ke Halaman Asli

Madin

Guru

LDII Hadiri Dialog Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ormas Islam

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) hadir dalam dialog dan silaturrahim antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pimpinan ormas islam, Minggu (18/5/2014), di Masjid Raya, Jalan Masjid Raya No.1, Makassar. "][/caption]

MAKASSAR, KOMPASIANA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) hadir dalam dialog dan silaturrahim antara Majelis Ulama Indonesia (MUI)dan pimpinan ormas islam, Minggu (18/5/2014), di Masjid Raya, Jalan Masjid Raya No.1, Makassar.

Beberapa pengurus LDII yang hadir diantaranya : Prof. Dr. Haryanto, M.Pd (Ketua DPW LDII Sulsel), Drs. Suyitno Widodo (Wakil Ketua LDII Sulsel), Andi Ishak Baladdo, SE (Sekretaris LDII Sulsel), Drs. Renreng Tjolli, M.Ag (Ketua LDII Makassar) dan Suardi, SE (Biro Ekonomi LDII Sulsel).

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Drs. Renreng Tjolli, MA (baju merah) dan Andi Ishak Baladdo, SE (baju putih) hadir mewakili LDII "][/caption] Dalam pertemuan itu, hadir pula tokoh-tokoh islam lainnya. Diantaranya : Prof. Dr. H. Muhammad Ghalib, MA, (Sekretaris MUI Sulsel), Prof. Dr. H. Abdul Rahim Yunus, MA, (Waketum MUI Sulsel), Prof. Ahmad M. Sewang (IMMIM), H.M. Amin Syam (Dewan Masjid Indonesia-Sulsel).

Dalam sambutannya, Prof. Ghalib menyampaikan peran ormas dalam pembinaan umat. “MUI menjadi khadimul umah, menjadi tenda besar bagi umat islam. Kita berharap bahwa kehadiran ormas islam itu memperkuat eksistensi dan peran umat islam dalam pembinaan umat. Terutama akhlakul karimah,” jelas Ghalib.

Ghalib juga mengingatkan umat islam untuk menjauhi konflik. “Meskipun ada perbedaan-perbedaan, mudah-mudahan perbedaan itu tidak menimbulkan konfik, saling membantu dalam memajukan islam,” tambah Ghalib.

Pengurus MUI Pusat yang hadir dalam dialog ialah Prof. Dr. KH. Umar Shihab, Ketua MUI Pusat Bidang Ukhuwah. Dalam penjelasannya, Umar mengajak umat islam untuk bersatu. “Saya sebagai ketua komisi ukhuwah, ingin mempersatukan umat islam” tutur Umar Shihab.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Suasana silaturrahim dan dialog"][/caption]

Umar Shihab mengingatkan suatu golongan jangan gampang memberikan fatwa sesat kepada golongan lain yang tidak sepaham. Umar pun berharap umat islam dapatterjaga dari perpecahan. “Mudah-muidahan kita selamat dari perpecahan yang akan menghancurkan kita”, lanjut Ketua MUI tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline