Lihat ke Halaman Asli

Edukasi dan Pelatihan TOGA oleh Tim MMD UB 816 di Desa Nglambangan

Diperbarui: 18 Agustus 2023   21:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim MMD UB 816 bersama ibu-ibu PKK Desa Nglambangan

Tim Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (UB) di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun melaksanakan kegiatan edukasi dan pelatihan tanaman obat keluarga (TOGA) beserta pemanfaatannya. Kegiatan edukasi dan pelatihan ini dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juli 2023 di Kantor Desa Nglambangan yang dihadiri oleh 40 ibu-ibu PKK.

 

Edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) beserta Pemanfaatannya terdiri dari tiga sub materi meliputi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Inovasi Penanganan Kekeringan pada Lahan Pekarangan Rumah dalam Penurunan Angka Stunting, Pemanfaatan Pekarangan untuk Budidaya Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) sebagai Obat pelengkap/Penunjang Diabetes Melitus, serta Pemanfaatan dan Pengolahan Kayu Manis sebagai Pengontrol Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes Melitus.

 

Pada sub materi pertama mengenai Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Inovasi Penanganan Kekeringan pada Lahan Pekarangan Rumah dalam Penurunan Angka Stunting dipaparkan oleh mahasiswa Agribisnis, Jeni Amelia Putri. Pemaparan ini membahas mengenai manfaat berbagai jenis tanaman TOGA yang dapat menurunkan angka stunting seperti tanaman kelor, temulawak, jahe, dan rimpang kunyit. Selain itu, sub materi ini membahas bagaimana pemanfaatan  irigasi tetes yang dijadikan sebagai salahsatu inovasi dalam menangani kekeringan pada lahan.

“Antusias ibu-ibu PKK dalam mengikuti kegiatan ini sangatlah tinggi, selain itu banyak juga yang aktif pada sesi tanya jawab terutama mengenai bagaimana pengolahan tanaman kelor yang baik dalam menurunkan stunting.” papar Jeni salahsatu pemateri.

Pemaparan materi edukasi TOGA

Sub materi Pemanfaatan Pekarangan untuk Budidaya Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) sebagai Obat Pelengkap/Penunjang Diabetes Melitus dipaparkan oleh mahasiswa Agroekoteknologi, Nabila Elanda Sari. Dimana pada sub materi ini membahas mengenai manfaat kumis kucing, tahapan budidaya kumis kucing serta cara perbanyakan tanaman dengan stek yang benar. Diharapkan dengan adanya edukasi ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK tentang khasiat serta budidaya kumis kucing yang cukup mudah dan tidak rumit.

 

Sub materi yang terakhir adalah Pemanfaatan dan Pengolahan Kayu Manis sebagai Pengontrol Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes Melitus yang dipaparkan oleh mahasiswa Agribisnis, Shalza Regita Mayangsari. Pada sub materi ini membahas mengenai manfaat kayu manis khususnya untuk kesehatan manusia. Selain itu, dijelaskan mengenai pemanfaatan dan pengolahan kayu manis yang baik dan benar sehingga khasiatnya tetap ada. Dengan adanya edukasi ini, diharapkan warga Desa Nglambangan khususnya ibu-ibu PKK dapat mengetahui manfaat kayu manis serta cara mengolah kayu manis yang baik dan benar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline