Lihat ke Halaman Asli

Jelita Sitohang

Mahasiswa Institut Teknologi Sumatra

KKN PPM 2023/2024, Kelompok KKN 156 ITERA: Pengelolaan dan Pengembangan Mutu Desa Sumberagung dengan Memanfaatkan Potensi yang Ada

Diperbarui: 1 Februari 2024   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN 156 ITERA

Desa Sumber Agung, Batanghari, Lampung Timur - 25 Januari 2024

Dalam pengabdian masyarakat pada KKN PPM ITERA 2023/2024, kelompok KKN 156 melaksanakan program kerja unggulannya di Desa Sumberagung dengan mendukung smart village yang sedang dikembangkan di desa tersebut.  Terdapat 4 program unggulan yang dibawakan: pengembangan pestisida dengan bahan utama dari ekstrak daun pepaya, pembuatan sabun cuci piring dari daun sirih, pembuatan peta administrasi desa, pembuatan peta administrasi desa perdusun, dan pengembangan desain destinasi pariwisata Rowo Kalung yang sedang pembangunan. Tujuan program unggulan yang dilakukan pada bulan Desember-Januari 2024 tersebut adalah membantu warga desa dalam membuka Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta pembuatan gambar kerja pariwisata yang sedang dibangun sehingga menjadi sumber penghasilan dan pekerjaan bagi masyarakat. 

Mahasiswa KKN Kelompok 156 melakukan survei untuk mendapatkan data potensi di Desa Sumberagung pada tanggal 29 Desember 2023. Adapun sumber daya yang didapatkan adalah bidang pertanian dan peternakan. Pembuatan sabun cuci piring dilakukan pada 15-17 Januari dan disosialisasikan pada Ibu-Ibu PKK di gedung PKK.  

Sabun cuci piring yang berasal dari daun sirih ini sangat dapat diproduksi masyarakat karena bahannya banyak tumbuh di desa tersebut. Pada tanggal 23 Januari 2024 mahasiswa KKN 156 mengundang kelompok tani untuk melakukan praktik pembuatan pestisida yang bahan-bahannya dibawakan oleh kelompok tani itu sendiri. 

Pestisida tersebut bekerja dan layak dikembangkan karena dibuktikan secara langsung  yang diuji coba pada ulat sayur dan ulat sayur tersebut mati. Sementara pembuatan peta administrasi dan gambar kerja pariwisata Rowo Kalung atas permintaan pemerintah desa dilakukan dari tanggal 3-20 Januari dan dipresentasikan kepada warga dan perangkat desa pada tanggal 22 Januari 2024. Peta administrasi dan gambar kerja tersebut diserahkan langsung kepada perangkat desa. 

Dalam pemaparan hasil program kerja yang dilaksanakan pada  23 Januari 2024 , Bapak Yatino Kepala Desa Desa Sumberagung menyebutkan, " Saya mengucapkan banyak terimakasih dari hati karena sudah banyak membantu kegiatan-kegiatan yang ada di desa dan secara umum bapak sudah sangat mengapresiasi soal progja dari tim kkn 156 yang sangat banyak membantu masyarakat Desa Sumberagung." 

Dokumentasi KKN 156 ITERA

Dokumentasi KKN 156 ITERA

Dokumentasi KKN 156 ITERA

Kelompok KKN 156 terus berkomitmen untuk mendukung serta membantu praktik berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi Desa Sumberagung dengan menawarkan solusi pengelolaan dan pengembangan potensi yang ada. KKN 156 ITERA berharap Desa Sumberagung dapat berkembang baik dalam peningkatan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, penyuluhan pendidika , serta penelitian inovasinya. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline