Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Bisnis Digital sebagai Peluang Bisnis Mahasiswa

Diperbarui: 1 April 2023   04:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bisnis merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh individu maupun perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Digital adalah proses perubahan yang terjadi pada teknologi bersifat analog ke teknologi bersifat digital. Proses yang terjadi kemudian banyak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, hingga saat ini industri sudah semakin modern dan mengandalkan teknologi tersebut untuk terus menopang operasionalnya. Bisnis digital merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online melalui berbagai media digital. Bisnis digital saat ini ramai baik di pasar lokal maupun internasional. Kegiatan bisnis yang dilakukan secara online ini memudahkan pelaku bisnis menjual produknya dengan hanya duduk di depan layar digital.

Bisnis digital juga memudahkan menjangkau lebih banyak konsumen lokasi maupun internasional. Hal ini mendorong inovasi produsen untuk selalu memajukan produknya agar selalu unggul di pasaran. Selain itu, keuntungan bisnis digital yaitu produsen lebih hemat biaya usaha sebab tidak memerlukan sewa tempat usaha karena bisnis digital bisa dilakukan di rumah. Selain keuntungan bagi produsen, bisnis digital juga memberikan keuntungan bagi konsumen yaitu lebih banyak alternatif belanja produk karena bisa membandingkan produk dan harga yang terbaik hanya dengan dirumah tidak perlu datang ke offline store. Hal tersebut sudah terjamin karena mudahnya dalam mengakses informasi yang diperlukan. Bisnis digital dengan keunggulan yang sangat banyak tentunya bisnis ini sangat efisien untuk mahasiswa yang ingin berkuliah sambil bekerja.

Mahasiswa dapat melakukan kegiatan bisnisnya dengan menyesuaikan waktu kosong setelah atau sebelum kuliah. Hal ini tentu tidak akan menggangu kegiatan belajar mahasiswa karena bisnis digital bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Contoh kegiatan bisnis digital yang dapat dilakukan mahasiswa tentunya sangat banyak produk yang dapat dipasarkan mulai dari menjual barang, makanan, hingga jasa juga bisa dilakukan mahasiswa. Keuntungan memulai bisnis digital juga bisa membantu kebutuhan kuliah. Terdapat banyak platform yang dapat digunakan untuk memulai bisnis digital mulai dari sosial media dan masih banyak platform lainnya. Yuk mulai berbisnis dengan memanfaatkan bisnis digital. 

Nama : SHERLY APRILIA

NIM : 3230022021

Prodi : S1 Manajemen

Universitas : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Tugas UTS Bahasa Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline