Lihat ke Halaman Asli

313 Express

Jasa Ekspedisi Spesialis Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTT, NTB, Bali, dll.

Perbedaan Jasa Ekspedisi dan Jasa Cargo

Diperbarui: 28 Februari 2024   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pengertian Umum Jasa Pengiriman Barang

Ekspedisi atau cargo atau pengiriman cargo merupakan istilah yang sering sekali kita jumpai dalam proses pengiriman barang. Para perusahaan ekspedisi ataupun cargo umumnya memiliki beberapa layanan dan beberapa rute tujuan yang akan dituju. Salah satu layanan yang ada di dalam perusahaan ekspedisi ialah layanan pengiriman cepat, layanan penjemputan barang (door to door service), layanan pengiriman jalur darat, laut, udara dan lain sebagainya.

Para pelaku jasa ekspedisi atau cargo juga memiliki ketentuan tersendiri dalam pengiriman barang. Ada perusahaan yang hanya spesialis pengiriman dokumen saja, ada yang spesialis pengiriman banyak, ada yang hanya mengirim antar kota, dan lain sebagainya. Bahkan setiap perusahaan pengiriman barang saling bersaing dengan cara memberikan tarif pengiriman yang bersaing dan atau memberikan pelayanan yang menarik agar memikat calon customer.

Pada kali ini, 313 Express memberikan anda pengetahuan tentang perbedaan Jasa Ekspedisi dan Jasa Cargo. Perbedaannya yang paling menonjol adalah terletak di dalam muatan atau kapasitas untuk sekali pengiriman. Jasa Ekspedisi adalah pengiriman barang dengan kapasitas kecil atau standart, sedangkan Jasa Cargo adalah pengiriman dengan kapasitas besar atau berat. Untuk penjelasannya lebih detail ada dibawah ini :

Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi atau pengiriman ekspedisi merupakan pengiriman yang tidak mematok berat minimal. Barang yang beratnya 1 Kg atau bahkan tidak sampai 1 Kg saja seperti dokumen atau dan sebagainya saja bisa dikirim melalui jasa ekspedisi. Tak hanya itu saja, di layanan yang terdapat di jasa ekspedisi kebanyakan memberikan layanan same day yang artinya pengiriman akan sampai di hari tersebut.

Untuk mekanisnya yaitu ketika anda ingin mengirim barang, maka anda akan datang langsung ke agen atau gudang jasa ekspedisi terdekat dengan membawa barang anda. Tak sedikit juga jasa ekspedisi yang akan mengambil barang anda dirumah, karena perusahaan tersebut memiliki salah satu layanan yang bernama door to door service.

Untuk menentukan harga, umumnya jasa ekspedisi menentukannya dari beberapa hal, yang pertama yaitu rute kota tujuan, yang kedua dilihat dari berat atau kubikasinya. 

Jasa Cargo

Yang kedua yaitu jasa cargo atau pengiriman cargo. Pengiriman cargo merupakan pengiriman dengan kapasitas yang besar, berat, atau banyak. Umumnya perusahaan cargo menentukan berat minimal untuk sekali pengiriman, ada yang menetapkan minimal 10 Kg, 25 Kg, 50 Kg, bahkan hingga 100 Kg untuk sekali pengiriman.

Perusahaan cargo tentunya memiliki beberapa layanan yang bisa memudahkan anda dalam mengirimkan barang, diantaranya yaitu layanan gratis penjemputan barang atau door to door service, layanan cek resi atau cek status barang ada dimana, layanan booking free pick up, layanan asuransi, hingga layanan yang lainnya.

Perusahaan pengiriman cargo juga memiliki beberapa jenis pengiriman, diantarnya yaitu melalui jalur udara, jalur darat hingga jalur laut apabila pengirimannya ke luar pulau. Tak hanya itu saja, jasa pengiriman cargo juga memiliki beberapa layanan pengiriman jika menggunakan jalur laut, ada yang menggunakan reguler, ada yang menggunakan paket express yang tentunya menggunakan kapal cepat RoRo.

Untuk menentukan tarif pengiriman di pengiriman cargo, umumnya para pelaku usaha pengiriman cargo menetapkan tarif pengiriman dari berat hingga kubikasi. Jika diukur berat barang anda melebihi kubikasi barang anda, maka yang akan dihitung tarifnya adalah dengan berat. Sebaliknya, jika kubikasi barang anda melebihi berat anda ketika pengukuran, maka yang diambil tarifnya dalah kubikasi barang anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline